Tolak Terorisme, Muslim AS Pasang Papan Reklame Di Jalan Tol

SyariahCenter.com – Kelompok Muslim pinggiran kota menyampaikan pesan di dua papan reklame jalan bebas hambatan Chicago. Mereka berharap pesan itu bisa memerangi terorisme sekaligus Islamofobia yang ada.

Pesan itu bertuliskan “Muslims to Muslims: See Something Say Something. Save Innovent Lives” yang mulai terpasang sejak Ahad (10/7) lalu. Iklan itu dibiayai Association of Pakistani Americans of Bolingbrook, sebuah komunitas masyarakat yang selama dua dekade terakhir menggelar Pakistan Day di Chicago.

“Kami mencoba memberitahu orang Amerika siapa kita, dan kita tidak merestui itu (terorisme),” kata Talat Rashid yang merupakan pendiri kelompok tersebut, seperti dilansir Chicago Tribune, Rabu (13/7).

Ia menegaskan, Muslim di Chicago akan membiarkan pihak berwenang tahu apabila ada indikasi apapun tentang terorisme dan Islamofobia. Rashid merupakan anggota dari Bolingbrook Planning COmmission, serta pernah terpilih sebagai warga negara penggiran kota terbaik tahun 2003.

Sayangnya, pesan di papan reklame itu juga menuai kontroversi lantaran seperti menekankan terorisme akrab dengan Muslim. Setidaknya ada Council of Islamic Organizations of Greater Chicago dan Chicago Council on American Islamic Relation, yang mempertanyakan kesan atas pesan yang ditampilan di papan reklame.

Pesan ditakutkan menuai pelaporan terhadap orang-orang yang tidak bersalah, seperti menimpa Muslim 14 tahun di Texas yang jam buatannya dikira bom oleh gurunya. Pesan itu melebihi anjuran Departemen Keamanan Dalam Negeri As ‘Jika Anda Melihat Sesuatu Katakan Sesuatu’ yang tidak menekan Muslim.

Meski begitu, Talad Rashid menuturkan penyamaan persepsi akan sangat membantu menjelaskan salah persepsi tentang pesan tersebut. Ia juga mengaku lebih banyak menerima komentar positif dibandingkan negatif, atas pemasangan pesan yang dimaksudkan meredakan meningkatnya Islamofobia.

“Ini bagus untuk semua orang, hal ini baik untuk negeri ini,” ujar Rashid. (lis)

(Visited 50 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *