Tanda-Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Siap Berinvestasi Reksadana

Definisi kaya itu relatif. Tak ada yang bisa menyebutkan ukuran pasti mengenai kekayaan yang dimiliki seseorang. Namun setidaknya ada beberapa hal yang menandakan bahwa Anda mapan secara finansial. Sehingga Anda tergolong siap untuk aktif berinvestasi, termasuk untuk urusan investasi reksadana.

Jika Anda sudah mengalami tanda-tanda ini, berarti Anda sudah mencapai kondisi finansial yang stabil dan mapan:

Tidak Pernah Kehabisan Uang di Akhir Bulan

Tak sedikit orang yang kelihatan mapan tetapi malah sering mengeluh kehabisan uang di akhir bulan. Hal tersebut menunjukkan cara mengelola pendapatan yang kurang bijak. Idealnya, setiap orang harus memiliki uang simpanan. Sehingga risiko kehabisan uang di akhir bulan dapat diminimalkan.

Jadi, coba periksa dulu isi kantong Anda. Apakah Anda tetap leluasa menggunakan uang dan memenuhi kebutuhan di akhir bulan?

Kalau iya, berarti Anda tak mengalami masalah finansial yang mengkhawatirkan.

Sudah Memiliki Hunian Pribadi

Rumah tak sekadar penting untuk kebutuhan primer. Memiliki rumah memang merupakan kebutuhan bagi semua orang, terutama orang yang sudah berkeluarga. Lebih dari itu, rumah juga merupakan aset investasi yang sangat berharga. Karena nilainya senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Jika Anda sudah memiliki lebih dari satu rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu dengan cara mengontrakkan atau membuat bisnis indekos.

Jumlah Tabungan yang Mencukupi

Seseorang yang bekerja sebaiknya memiliki jumlah tabungan mencapai 10 kali lipat dari pendapatan bulanan. Bila ada hal-hal tak terduga yang terjadi dan membutuhkan dana besar, Anda pun tak akan kerepotan memenuhinya. Misalnya, ketika Anda mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), kecelakaan, atau saat ada anggota keluarga yang sakit parah.

Tidak Memiliki Utang

Utang bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Karena memiliki utang akan berpengaruh pada kondisi finansial Anda. Terutama jika utang tersebut harus dilunas beserta bunga yang besar. Inilah yang menyebabkan kondisi kemapanan finansial seseorang dapat diukur dari utang yang dimilikinya. Jika Anda ingin mengajukan kredit rumah atau kendaraan bermotor, bank pun akan meninjau kondisi finansial Anda. Risiko penolakan pengajuan kredit akan semakin besar jika Anda memiliki banyak utang yang belum diselesaikan.

Sudah Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Dana pendidikan anak juga merupakan persiapan penting yang harus dilakukan semua orang. Sebab jumlah dana pendidikan pasti meningkat karena dipengaruhi inflasi. Orang yang jeli menata kondisi finansial pasti sudah memprediksi kebutuhan pendidikan anak sedini mungkin. Tentu jauh lebih baik jika Anda memiliki dana berlebih daripada harus mengalami kekurangan untuk urusan pendidikan anak.

Tidak Hanya Mengandalkan Satu Pekerjaan

Hampir semua orang yang mapan secara finansial memiliki satu kesamaan, yaitu tidak mengandalkan satu pekerjaan saja. Biasanya orang-orang yang mapan memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan. Sehingga pendapatan yang diperoleh tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Hal ini tentu sangat baik bagi kondisi finansial. Karena pendapatan tambahan tersebut bisa dialokasikan untuk tabungan dan investasi.

Keenam tanda sederhana tersebut menunjukkan bahwa Anda sudah siap berinvestasi di bidang reksadana. Jika Anda berinvestasi sedini mungkin, maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat pun akan semakin besar. Anda hanya perlu mempelajari seluk beluk investasi secara lebih mendalam. Supaya Anda bisa menentukan investasi yang tepat sesuai dengan kondisi finansial Anda.

Jangan tunda lagi keinginan untuk berinvestasi bila kondisi finansial Anda memang sudah memadai. Investasi adalah solusi finansial untuk menjawab berbagai kebutuhan Anda di masa mendatang.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *