SR-008, Sukuk Ritel Perdana Di Tahun 2016

Syariahcenter.com – Sebagai bagian dari program penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) tahun 2016, Pemerintah akan menggelar penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara yang akan ditawarkan di pasar domestik maupun pasar keuangan internasional.

Seperti dikutip dari laman situs Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Rabu, 27 Januari 2016, di pasar domestik, pemerintah akan menerbitkan dua instrumen SBSN ritel, yaitu Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan.

Penerbitan kedua instrumen ritel tersebut dimaksudkan sebagai upaya memperluas basis investor dalam negeri serta mendukung pengembangan pasar keuangan syariah dan tercapainya keuangan inklusif dalam rangka memperkuat stabilitas perekonomian nasional.

Pada kuartal pertama tahun 2016 pemerintah akan menerbitkan Sukuk Ritel seri SR-008. Selama bulan Januari dan Februari 2016, pemerintah melakukan serangkaian kegiatan pre marketing ke beberapa daerah.

Kegiatan tersebut mengundang masyarakat umum yang berasal dari instansi pemerintah, kantor DPRD, lembaga keuangan, asosiasi usaha, akademisi, pondok pesantren, dharma wanita, dan media lokal.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai program-program pembangunan yang dilakukan Pemerintah serta peran Sukuk Negara sebagai instrumen pembiayaan untuk kegiatan pembangunan.

Selain itu pre marketing Sukuk Ritel ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kiat berinvestasi yang aman dan menguntungkan. Dengan membeli Sukuk Ritel, masyarakat tidak hanya berinvestasi sesuai syariah serta memperoleh keuntungan berinvestasi, namun juga telah berpartisipasi langsung dalam kegiatan pembangunan nasional.

Masa penawaran Sukuk Ritel seri SR-008 akan mulai digelar pada 19 Februari sampai 4 Maret 2016. Bagi peminat, bisa membelinya melalui 26 Agen Penjual yang telah ditunjuk oleh Pemerintah. Tata cara berinvestasi dapat dibaca pada Memorandum Informasi Sukuk Ritel seri SR-008 yang dapat diperoleh dari Agen Penjual.

Berikut ini Agen Penjual 2016: (1) Bank Mandiri (2) BNI (3) BRI (4) BTN (5) BCA (6) Bank Syariah Mandiri (7) BRISyariah (8) Muamalat (9) Danamon (10) Permata (11) Panin (12) Bank Mega (13) ANZ Indonesia (14) CIMB Niaga (15) OCBC NISP (16) HSBC (17) Citibank (18) Standard Chartered (19) Maybank Indonesia (20) DBS Indonesia (21) Danareksa Sekuritas (22) Bahana Sekuritas (23) Trimegah Sekuritas (24) Sucorinvest Central Gani (25) Mega Capital Indonesia (26) MNC Sekuritas.

(Visited 275 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *