Sewa Truk Engkel dan Mobil Box Untuk Bisnis

Sekarang sangat mudah untuk sewa truk engkel dengan segala merk, tipe, ukuran serta kapasitas bisa ditemukan dengan mudah. Tapi, karena ada banyak macamnya, kadang orang yang tidak akrab dengan jasa logistik atau bidang warehouse akan bingung membedakan mana truk engkel, truk trailer dan truk tronton. Di dunia jasa angkutan sendiri, truk engkel menjadi pelopor kemunculan kendaraan sejenis. Truk engkel memiliki ukuran dan kapasitas yang hampir sama antara merk satu dengan lainnya, yakni bak 2 meter kubik, 2 sumbu roda, 4 roda dan total muatan maksimal 12 ton.

Sewa Truk Engkel dan Mobil Box

Truk engkel atau mobil box, mana yang Anda pilih? Sebenarnya masalah kebutuhan alat transportasi pengangkut barang tergantung pilihan masing-masing orang. Keduanya sama-sama penting bila dilihat dari fungsinya, yaitu mempermudah Anda dalam mengangkut barang-barang yang umumnya dibedakan menurut jumlah, volume atau jenis. Jadi, yang perlu diperhatikan ialah mana di antara keduanya yang cocok untuk mengangkut barang-barang A dan mana yang muat untuk barang B.

Supaya tidak bingung, berikut perbedaan truk engkel dan mobil box berdasarkan ukuran, kapasitas serta fungsinya:

  1. Truk Engkel

Truk engkel memiliki bak yang didesain terbuka supaya dapat memuat banyak barang. Biasanya, truk engkel digunaka oleh jasa logistik karena barang yang diangkut tidak sedikit. Truk engkel mempunyai dua jenis ukuran, yakni truk engkel kecil yang berukuran 2 x 1,5 x 0,7 meter kubik dengan kapasitas muatan 1 ton dan truk engkel besar dengan dimensi 3 x 2,5 x 1,5 meter kubik dan kapasitas 2 ton ke atas. Barang-barang yang diangkut oleh truk engkel umumnya tidak membutuhkan keamanan serta perawatan khusus, sehingga tidak dipengaruhi baik-buruknya cuaca.

  1. Mobil Box

Mobil box dibedakan menjadi dua ukuran, yaitu mobil box kecil yang daya angkutnya mencapai 1 ton dengan ukuran 2 x 1,3 x 1,3 meter kubik dan mobil box besar berkapasitas 2 ton dengan dimensi 3 x 2,5 x 1,5 meter kubik. Biasanya mobil box dipakai untuk mengangkut barang-barang yang memerlukan keamanan serta perawatan khusus, seperti tidak boleh terkena udara dingin, panas atau hujan. Barang yang diangkutnya berupa perangkat elektronik dan furniture.

Dari pembahasan tersebut diharapkan Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga, dapat ditentukan jenis barang apa yang lebih cocok dimuat oleh keduanya ketika memilih transportasi di sewa truk engkel. Ditambah pilih perusahaan logistik yang memudahkan anda untuk melacak posisi truk dengan cek resi yang disediakan oleh perusahaan logistik tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *