Seni Dan Fesyen Islami Dominasi Pasar Gaya Hidup Dunia

Syariahcenter.com – Seni dan fesyen Islami akan menjadi industri yang sangat berkembang dan menjadi kekuatan dalam ekonomi syariah serta mendominasi pangsa pasar utama di sektor gaya hidup dunia.

Berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE), pada tahun 2014, pengeluaran di industri mencapai US$ 230 miliar atau sekitar 11 persen dari pasar fesyen global. Diperkirakan pengeluaran ini akan tumbuh 6 persen mencapai US$ 327 miliar pada tahun 2020.

Seni dan budaya merupakan komponen penting dalam ekonomi syariah dan bisa menjadi sektor investasi yang menarik. Hal ini disebabkan salah satunya atas inisiasi wilayah Timur Tengah mengembangkan investasi di bidang itu.

Busana muslim juga memiliki pasar yang tumbuh cepat. Sektor ini justru berbanding terbalik dengan industri fesyen global yang tumbuh melambat seiring resesi ekonomi. Nilai kesopanan dalam busana muslim menarik perhatian pelaku fesyen dunia. Hal ini karena banyaknya minat dari masyarakat dunia.

“Merek global fokus pada busana sederhana yang diminati masyarakat muslim dan juga pelanggan konservatif mereka. Keduanya melengkapi peningkatan industri fesyen,” ujar salah seorang perwakilan Sefamerve yang dikutip dari Zawya, Selasa, 22 September 2015.

Chairwoman of the Islamic Fashion and Design Council Alia Khan menyatakan saat ini banyak orang tertarik dengan fesyen muslim. Ini menjadi potensi yang luar biasa.

“Fesyen muslim ini menawarkan solusi yang akan merevolusi dunia mode menjadi lebih bermartabat, anggun, dan berkelas,” tegasnya.(zae)

(Visited 212 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *