Selain Bayar Zakat Online, Jangan Lupa Lakukan ini Menjelang Lebaran

Persiapan menjelang lebaran memang sangat menyenangkan. Kita pasti mulai melakukannya sejak jauh hari. Agar segala kebutuhan lebaran bisa terpenuhi dengan baik. Karena hari lebaran sering kali menjadi waktu istimewa untuk berkumpul bersama anggota keluarga besar.

Kita tentu tak akan melupakan kewajiban membayar zakat secara teratur, terutama menjelang hari lebaran. Kini fasilitas bayar zakat online semakin memudahkan kita saat menyisihkan sebagia rezeki. Karena dalam rezeki kita, terdapat hak bagi sesama yang membutuhkan. Selain bayar zakat online, jangan lupa pula melakukan hal-hal penting ini menjelang lebaran :

Menabung Sejak Jauh Hari

Kebutuhan lebaran biasanya memang sangat banyak dan membutuhkan biaya besar. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mulai menabung sejak jauh hari. Tak jadi masalah bila kita mulai menyisihkan tabungan sejak 2-3 bulan sebelum lebaran. Dengan demikian, kita tak perlu menguras isi tabungan demi memenuhi kebutuhan lebaran. Karena semua kebutuhan lebaran akan terpenuhi secara perlahan-lahan.

Mencatat Barang-Barang Kebutuhan Lebaran

Barang-barang kebutuhan lebaran yang jumlahnya banyak harus dicatat secara teliti. Agar tak ada barang-barang yang luput dari perhatian dan akhirnya lupa dibeli. Tak ada salahnya jika kita meminta bantuan anggota keluarga untuk saling mengingatkan tentang kebutuhan lebaran. Kemudian periksa lagi catatan kebutuhan tersebut sebelum mulai membeli barang-barangnya satu per satu.

Jangan Malas Berburu Diskon

Diskon produk menjelang lebaran akan membuat pengeluaran kita jadi lebih hemat. Jadi, jangan malas berburu diskon dengan cermat. Selain pusat perbelanjaan, biasanya toko online besar juga mengadakan promo diskon yang istimewa. Periksa barang-barang yang kita inginkan sebelum kita membelinya. Supaya kita tetap bisa memperoleh barang dengan kualitas terbaik.

Siapkan Pengeluaran untuk Kebutuhan Mudik

Kalau kita selalu mudik setiap menjelang lebaran, berarti kita juga mesti teliti menyiapkan kebutuhan mudik. Karena mudik pasti membutuhkan biaya besar dan persiapan matang. Berbaai kebutuhan seperti tiket transportasi umum atau kendaraan pribadi, buah tangan, dan biaya lain selama mudik patut diperhatikan dengan cermat. Maka nanti kita bisa mudik dengan nyaman tanpa khawatir akan boros atau kehabisan uang.

Pengalaman merayakan lebaran di tahun-tahun sebelumnya akan membuat kita lebih cermat menyiapkan lebaran di tahun ini. Mari merayakan lebaran spesial dengan persiapan matang bersama orang-orang yang kita cintai!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *