Sebaiknya Ucapkan Ini Saat Idul Fitri

SyariahCenter.com – Idul Fitri merupakan saat yang membahagiakan bagi umat Muslim sedunia. Hari tersebut merupakan perayaan atas keberhasilan Muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh selama Ramadan.

Kaum Muslim banyak mengisi waktu Idul Fitri dengan berkunjung ke saudara, kerabat atau kolega. Momen tersebut menjadi ajang bersilaturahim.

Saat bersilaturahim di Idul Fitri, apa yang sebaiknya diucapkan? Apakah benar mengucapkan kalimat ‘minal aidin wal faizin’?

terkait hal ini, terdapat banyak riwayat yang menyebut ucapan yang tepat saat Idul Fitri. Sebagian besar riwayat itu menyebut ucapan yang bisa diucapkan dalam bersilaturahim.

Ucapan tersebut yaitu ‘Taqobbalallahu minna wa minkum.’

Ini berdasarkan riwayat Ibnu Hajar.

“Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fitri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Sementara itu, Idul Fitri tidak dikhususkan sebagai ajang saling memaafkan. Meminta maaf dapat dilakukan kapan saja dan tidak harus pada Idul Fitri.

Sehingga ucapan seperti ‘Mohon maaf lahir dan batin’ sebenarnya tidak diperlukan. (feb)

(Visited 61 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *