Salah Satu Sifat Orang Bertakwa Adalah Shalat Malam

Syariahcenter.com – Syaikh Wahid bin Abdussalam Baaly dalam bukunya Merasih Keajaiban di Tengah Malam menguraikan, Allah SWT mensifati orang-orang yang bertakwa dengan senantiasa melakukan kebaikan. Salah satu kebaikan yang dilakukan adalah mendirikan shalat malam.

Allah SWT berfirman dalam Alquran surat Adz-Dzariyat ayat 15-16 yang artinya, ”Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di taman-taman surga dan mata air-mata air, sambil mengambil apa-apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan.” .

Melalui ayat tersebut, Allah SWT menjelaskan salah satu sifat orang yang bertakwa yakni dalam kehidupan dunia, mereka selalu melakukan kebaikan, di antaranya shalat malam.

Hal ini seperti difirman Allah SWT dalam surat adz-Dzaariyat ayat 17-18 yang artinya, ”Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam hari dan di akhir-akhir malam, mereka memohon ampunan kepada Allah SWT.”

Syaikh Wahid kemudian mengutip pendapat ulama Hasan al-Basri ra yang mengatakan, ”Bersungguh-sungguhlah kalian untuk mendirikan shalat malam, dan janganlah tidur kecuali sedikit saja. Bersemangatlah serta panjangkanlah ibadahmu hingga datang waktu sahur atau akhir malam.”

Allah SWT kemudian menyebutkan sifat orang-orang mukmin dalam firmanNya surat As-Sajadah ayat 15 yang artinya, ”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat Kami, mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Rabbnya sedang mereka tidak menyombongkan diri.”

Syaikh Wahid bin Abdussalam Baaly menyebutkan, yang dimaksud dengan mereka sujud bersungkur di ayat tersebut adalah mendirikan shalat malam, tidak menghabiskan malam untuk tidur atau merebahkan tubuh mereka di atas kasur yang empuk. (bar)

(Visited 340 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *