Quran Indonesia Project Gandeng Ita Latiana

Syariahcenter.com – Artwork Exhibition kembali diselenggarakan oleh Quran Indonesia Project di D’Gallerie, Barito, Jakarta Selatan pada 24 Januari 2016.

Di pameran ke-2nya, Quran Indonesia Project merangkul sesosok wanita inspiratif untuk berkolaborasi yaitu Ita Latiana Arianto.

Dengan mungusung tema Quran Indonesia Project X Latiana, terdapat lebih dari 50 lukisan Kaligrafi karya dari Ita yang dikerjakan dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan.

Karya ini melengkapi visual dari bacaan ayat-ayat suci AlQuran audio yang direkam oleh Quran Indonesia Project.

Pemilihan nama “Latiana” selain berasal dari nama sang pelukis juga nemiliki makna “latihan” dimana semua manusia dalam hidupnya akan terus melalui ujian demi ujian yang kelak akan melatih dan memperkuat dirinya menjadi manusia yang dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi khalayak luas.

Hal inipun sejalan dengan visi dari AlQuran Indonesia Project yang ingin memudahkan akses masyarakat dalam memahami Quran dan terjemahanya.

Berawal dari balik kaca ruang isolasi pasca operasi, Ita Latiana Arianto, adalah seorang ibu rumah tangga yang dianjurkan untuk mengisi waktunya dengan kegiatan yang beliau senangi agar dapat menjauhi kepenatan yang dapat mempengaruhi masa penyembuhanya.

Berbekal kitab Suci AlQuran serta dukungan dari guru mengaji, dengan segala keterbatasan, beliau memilih untuk mengisi waktunya dengan melukiskan kaligrafi ayat suci Al Quran.

“Pameran lukisan ini bukan ditunjukan untuk komersialisasi, melainkan untuk menyampaikan pesan bahwa kekurangan bukanlah menjadi batasan, dan ujian adalah kesempatan untuk memperjuangkan harapan” ujar Ita

Archie melihat, semangat Ibu Ita, sehingga ia terinspirasi untuk membuat pameran ini. “Terapi memahami ayat Al-Quran sebagai “obat” yang diekspresikan dalam lukisan adalah hal yang membuat saya terinspirasi dengan proses pahit getir yang dilalui oleh tante Ita Latiana dalam menghadapi ujian,” Tambah Archie Wirija, Produser Quran Indonesia Project.

Di sisi lain, Team Quran Indonesia Project yang tengah mempersiapkan pengembangan proyek seperti mobile App yang akan dapat didownload gratis menjelang Ramadhan 2016 ini, juga sangat terinspirasi dari cerita dibalik hasil karya kaligrafi Ibu Ita, yang akhirnya berujung pada bentuk kerjasama kolaborasi Quran Indonesia Project X Latina.

“Semoga project hasil kolaborasi ini dapat menginspirasi banyak orang dari berbagai kalangan untuk lebih mencintai Al-Quran”, tutup Ita. (lis)

(Visited 106 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *