Potensinya Besar, OJK Dorong Industri Keuangan Non-Bank Syariah

Syariahcenter.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan aset Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah pada akhir November 2015 naik sebesar 7,1%, atau sebesar Rp 4,14 triliun. Angka ini naik dibandingkan dengan jumlah aset IKNB Syariah tahun 2014.

Pertumbuhan aset tertinggi dicapai oleh Perusahaan Penjaminan Syariah yaitu sebesar 57,9%. Namun, secara nominal pertumbuhan aset terbesar masih di dominasi oleh industri asuransi syariah yang mencapai Rp3,04 triliun dari total perkembangan aset yang mencapai Rp4,13 triliun.

Industri asuransi syariah masih mendominasi jumlah market share IKNB syariah yang baru sebesar 3,86 persen. Market share asuransi syariah sekitar 1,57 persen. Sementara, Pembiayaan Syariah sebesar 1,31%. Sedangkan market share IKNB Syariah terkecil adalah Modal Ventura Syariah sebesar 0,03%.

Masih kecilnya market share ini dibandingkan IKNB konvensional menandakan besarnya potensi yang bisa digali untuk memperbesar market share ini. Untuk itu, OJK telah menyiapkan roadmap IKNB Syariah.

Roadmap IKNB Syariah berisi strategi pengembangan yang terarah dan terencana beserta program kerja. Roadmap ini bakal menjadi pedoman bagi OJK dan pelaku IKNB Syariah dalam mengembangkan industri ini.

Sebagai informasi, OJK telah menargetkan tingkat pertumbuhan aset IKNB Syariah bisa naik 2 persen sehingga bisa mencapai dua digit di tahun 2016. (bar)

(Visited 223 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *