Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat Umroh

SyariahCenter.com – Melakukan ibadah adalah kewajiban setiap umat muslim di dunia. Selain melakukan sholat 5 waktu setiap hari. ibadah lainnya juga harus dilaksanakan. Seperti naik haji atau umroh bagi orang yang mampu secara materi. Bahkan hal tersebut merupakan kewajiban. Melakukan umroh bukan hanya harus menyiapkan waktu seperti kapan kita akan melakukan ibadah umroh.

Persiapan lainnya di luar hal tersebut sebenarnya lebih penting. Karena jika hanya meminta izin atau cuti kepada atasan pastilah sudah diperhitungkan sebelmunya antara anda dan perusahaan. Persiapan lainnya terkadang sering kita lupakan karena menganggap perjalanan umroh sudah pasti tinggal berangkat saja karena sudah disiapkan semuanya oleh travel umroh. Tetapu yang harus anda ingat ada beberapa persiapan yang juga harus kita siapkan sendiri. Seperti persiapan-persiapan berikut ini.

  • Perlengkapan Umroh

Untuk perlengkapan umroh ada yang tidak disiapkan oleh travel unroh anda. Misalnya perlengkapan umroh wanita seperti mukena, kerudung dan sebagainya pasti harus anda siapkan sendiri untuk kebutuhan anda selama di sana. Perlengkapan yang berkaitan dengan perlengkapan solat atau kebutuhan pakaian dan obat juga anda harus persiapkan dengan baik. Karena anda yang tahu kondisi anda sendiri.

  • Persiapkan Fisik Anda

Selain perlengkapan barang-barang untuk umron, anda juga harus memperhatikan kondisi tubuh anda. Jangan sampai ketika  anda melakukan perjalanan umroh anda jatuh sakit. Ada baiknya beberapa minggu atau hari melalukan perjalanan umroh anda memakan makanan yang bergizi seperti buah, sayuran dan juga makanan yang mengandung protein. Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga dan banyak minum air putih.

  • Persiapkan Mental Anda

Selain mempersiapkan fisik anda, anda juda perlu mempersiapkan mental anda. Karena jika mental anda seperti terlalu banyak berpikiran negatif maka bukan tidak mungkin jika perjalanan umroh anda akan tidak fokus. Oleh karena itu tenangkan pikiran anda dengan membaca buku-buku yang positif seperti buku religi dan sebagainya.

  • Persiapkan Bekal Ilmu Anda

Apalah artinya jika anda melakukan perjalanan umroh namun anda tak tahu nilai yang terkandung di dalamnya. Untuk itu anda harus bekali diri anda dengan ilmu yang cukup mengenai perjalanan umroh. Anda bisa bertanya kepada ahlinya seperti pak uztad atau mengikuti pengajian. Atau anda juga bisa membeli buku-buku yang berkaitan dengan perjalanan umroh. Anda juga harus memperbanyak membaca Al-Quran agar anda bisa lebih berilmu. (adv)

(Visited 89 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *