Pengembangan Agen IKNB Syariah Untungkan Industri

Syariahcenter.com, Jakarta – Pengembangan sistem keagenan industri keuangan non bank (IKNB) syariah oleh otoritas dinilai akan membantu industri. Ini perlu diperkuat dengan pembekalan bagi agen yang menjual multi produk jasa keuangan.

Pengamat asuransi syariah Erwin Noekman menyampaikan, untuk saat ini, sebelum diberlakukan aturan khusus mengenai agen penjual produk syariah, kebijakan satu agen penjual aneka produk akan sangat membantu industri.

Agen jadi punya banyak variasi produk untuk ditawarkan ke masyarakat. Kedua, masyarakat juga bisa lebih teredukasi dengan penjelasan bersamaan dari agen Laku Pandai. Ini menguntungkan industri syariah karena ada daya ungkit dengan ‘menumpang’ agen Laku Pandai.

”Namun, guna menghindari kesalahpahaman ketika agen Laku Pandai melakukan penjualan produk jasa keuangan syariah lain, minimal mereka mendapatkan pencerehan seputar produk baik secara langsung maupun training for trainer,” tutur Erwin.

Untuk memperluas jangkauan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pengembangan kanal distribusi produk IKNB syariah. Pola keagenan yang sinergi dengan agen layanan jasa keuangan lain seperti Laku Pandai sedang ditinjau.

Nantinya, agen IKNB syariah yang ada tak hanya untuk asuransi, tapi juga jasa pembiayaan dan gadai. Selain agen individu, institusi juga dimungkinkan untuk menjadi agen. (zae)

(Visited 94 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *