Pemerintah Erdogan Andalkan Keuangan Syariah

Syariahcenter.com – Sistem keuangan syariah bakal makin booming di Turki. Pemerintah Recep Tayyip Erdogan bakal meminta penggunan sistem keuangan Islami ini di setiap pemerintahan, BUMN, bahkan sektor swasta.

Dirjen Hubungan Ekonomi Internasional Turki, Hakan Tokas memastikan pemerintah Turki akan berus menerbitkan surat utang syariah (Sukuk) berdenominasi Lira dan mata uang asing.

Sukuk berdenominasi Lira akan dialokasikan untuk pasar domestik. “Minimnya pembiayaan jangka panjang dengan menghambat negara berkembang,” kata Hakan.

Dengan dukungan kebijakan pemerintah, Turki berharap bisa membuat benchmark (standar) dalam bisnis Sukuk. Lebih jauh Turki berharap bisa merangkul investor internasional lebih besar.

“Dengan Turki, penerbit sukuk regular, instrumen ini akan mendapatkan keuntungan mengakses pasar baru,” kata Hakan mengutip laman hurriyetdailynews, Jumat, 20 November 2015.

Chairman Capital Market Board of Turkey, Vahdettin rtas mengakui negaranya memberikan peluang investasi, khususnya di saat kondisi ekonomi dunia tengah menghadapi tekanan.

“Keuangan syariah akan menjadi sumber pendanaan jangka panjang terbesar,” kata Ertas. “Alasannya, instrumen Islami ini berbasis pada aset, bukan utang, mereka juga mengelola risiko lebih baik.”

Ertas yakin sistem keuangan syariah akan memainkan peran penting dalam pembangunan infrastruktur Turki.

Negara yang pernah menjadi pusat Islam ini telah mengembangkan sejumlah produk keuangan Islami. Turki juga tak membatasi pembatasan dari investor global.

“Ini membantu negara-negara mengambil upaya membangun lingkungan sistem keangan Islami yang lebih baik,” ujar Iqbal, head of World Bank Global Islamic Finance Development Center. (bar)

(Visited 61 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *