Pakde Karwo Usulkan Jatim Jadi Pilot Project Pengembangan Bank Syariah

Syariahcenter.com, Surabaya – Gubernur Jawa Timur Sukarwo mengusulkan agar provinsi di ujung pulau Jawa tersebut ditetapkan sebagai pilot project pengembangan perbankan syariah.

Sukarwo menilai Jawa Timur memiliki sejumlah modal dasar untuk menjadi pusat pengembangan perbankan syariah. Salah satu modal paling utama adalah kultur masyarakat yang kental dengan nuansa Islam.

“Saya mengusulkan kepada BI agar dalam acara ini menetapkan Jawa Timur sebagai pilot project. Alasannya, Jawa Timur 90% penduduk beragama Islam. Kultur santri kyai sangat kuat. Ini sangat penting untuk perbankan,” ujarnya dalam peluncuran buku Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia, Selasa (27/10/2015).

Menurut Sukarwo, kultur masyarakat yang sangat menghormati para kyai dalam segala hal dapat menjadi aset dalam pengembangan industri perbankan syariah. Dalam hal ini, pemuka agama dan pondok-pondok pesantren dapat dikembangkan sebagai basis perbankan syariah.

Surabaya dipilih sebagai kota penyelenggaraan Indonesia Syarias Economic Forum (ISEF) 2015. Forum yang diselenggarakan oleh Bannk Indonesia ini berlangsung pada 27-30 Oktober 2015.

ISEF terdiri atas sejumlah agenda seminar, peluncuran buku, serta pameran perbankan syariah. (zae)

(Visited 77 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *