Keuangan – Syariah Center http://syariahcenter.com All About Syariah News & Activities Thu, 21 Jun 2018 21:06:04 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.6 Bank Infrastruktur Syariah Bakal Dibangun Di Indonesia dan Turki http://syariahcenter.com/bank-infrastruktur-syariah-bakal-dibangun-indonesia-dan-turki/ http://syariahcenter.com/bank-infrastruktur-syariah-bakal-dibangun-indonesia-dan-turki/#respond Fri, 15 Jul 2016 17:55:45 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5446 SyariahCenter.com – Bank Infrastruktur Syaria atau Islamic Infrastucture Bank akan didirikan dua negara, di Indonesia dan Turki. Namun, kedua negara masih menunggu perkembangan dari Bank Pembangunan Islam (IDB). Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pembentukan Islamic Infrastucture Bank masih menunggu perkembangan dari IDB. ”Tapi insya Allah akan didirikan di dua negara, Indonesia dan Turki. Kantor pusatnya ...

Posting Bank Infrastruktur Syariah Bakal Dibangun Di Indonesia dan Turki ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com – Bank Infrastruktur Syaria atau Islamic Infrastucture Bank akan didirikan dua negara, di Indonesia dan Turki. Namun, kedua negara masih menunggu perkembangan dari Bank Pembangunan Islam (IDB).

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pembentukan Islamic Infrastucture Bank masih menunggu perkembangan dari IDB. ”Tapi insya Allah akan didirikan di dua negara, Indonesia dan Turki. Kantor pusatnya di dua negara, dua bank,” kata Bambang usai Silaturahim Idulfitri Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) di Kompleks Kementerian Keuangan, Kamis (14/7) malam.

Ia membenarkan Arab Saudi akan terlibat dalam pembentukan bank multilateral ini. Namun, Saudi sendiri hanya akan menjadi pemegang saham.

Soal investasi Indonesia dalam pembentukan bank ini, Bambang mengatakan sementara ini minimal 200 juta dolar AS, tapi nilainya akan ditambah. (feb)

Posting Bank Infrastruktur Syariah Bakal Dibangun Di Indonesia dan Turki ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/bank-infrastruktur-syariah-bakal-dibangun-indonesia-dan-turki/feed/ 0
Benahi Internal, BRI Syariah Siap Jadi Bank Persepsi Pengampunan Pajak http://syariahcenter.com/benahi-internal-bri-syariah-siap-jadi-bank-persepsi-pengampunan-pajak/ http://syariahcenter.com/benahi-internal-bri-syariah-siap-jadi-bank-persepsi-pengampunan-pajak/#respond Fri, 15 Jul 2016 17:01:40 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5445 SyariahCenter.com, Jakarta – Dibukanya peluang bagi bank syariah untuk terlibat menjadi bank persepsi penerapan pengampunan pajak ditanggapi positif oleh BRI Syariah. BRI Syariah pun bersiap diri dengan melakukan pembenahan internal. Selain produk, BRI Syariah juga sudah memantapkan sistem teknologi informasinya (TI). Direktur Utama BRI Syariah Moch Hadi Santoso mengatakan, BRI Syariah sudah mendaftar ke Kementerian ...

Posting Benahi Internal, BRI Syariah Siap Jadi Bank Persepsi Pengampunan Pajak ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com, Jakarta – Dibukanya peluang bagi bank syariah untuk terlibat menjadi bank persepsi penerapan pengampunan pajak ditanggapi positif oleh BRI Syariah.

BRI Syariah pun bersiap diri dengan melakukan pembenahan internal. Selain produk, BRI Syariah juga sudah memantapkan sistem teknologi informasinya (TI).

Direktur Utama BRI Syariah Moch Hadi Santoso mengatakan, BRI Syariah sudah mendaftar ke Kementerian Keuangan untuk bisa menjadi bank persepsi pengampunan pajak, tinggal menunggu keputusan dari kementerian. ”Sistem TI sudah siap. Karena TI kami dan Kemeneku harus cocok. Kalau sudah selesai, barus bisa ditunjuk,” kata Hadi usai Silaturahim Idul Fitri Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) di Kompleks Kementerian Keuangan, Kamis (14/7).

Hadi yakin, diantara mereka yang memanfaatkan pengampunan pajak, pasti ada yang tertarik ke bank syariah. Karena itu BRI Syariah berharap bisa menampung dana-dana hasil penerapan kebijakan itu.

Terkait nilai dana yang dilirik BRI Syariah, Hadi mengatakan belum tahu karena memang belum estimasi pasti. Namun jika 10 persen dari potensi Rp 1.000 triliun saja sudah besar. ”Kami belum bisa katakan bisa dapat berapa karena belum ada kepastian berapa potensinya,” kata Hadi.

Salah satu produk yang disiapkan BRI Syariah adalah sukuk yang diharapkan bisa menarik pemilik dana. (feb)

Posting Benahi Internal, BRI Syariah Siap Jadi Bank Persepsi Pengampunan Pajak ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/benahi-internal-bri-syariah-siap-jadi-bank-persepsi-pengampunan-pajak/feed/ 0
Dua Bank Syariah Disiapkan Jadi Bank Persepsi http://syariahcenter.com/dua-bank-syariah-disiapkan-jadi-bank-persepsi/ http://syariahcenter.com/dua-bank-syariah-disiapkan-jadi-bank-persepsi/#respond Wed, 13 Jul 2016 17:56:12 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5400 SyariahCenter.com, Jakarta – Dua bank syariah akan disiapkan jadi bank persepsi penerapan pengampunan pajak. Penetapan tersebut akan dilakukan usai peraturan menteri keuangan (PMK) diterbitkan. Bank Syariah Mandiri (BSM) menyatakan kesiapan jika ditunjuk menjadi bank persepsi atas penerapan pengampunan pajak. Direktur Keuangan dan Strategi BSM, Agus Dwi Handaya, menyatakan sampai saat ini BSM belum ada pemberitahuan ...

Posting Dua Bank Syariah Disiapkan Jadi Bank Persepsi ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com, Jakarta – Dua bank syariah akan disiapkan jadi bank persepsi penerapan pengampunan pajak. Penetapan tersebut akan dilakukan usai peraturan menteri keuangan (PMK) diterbitkan.

Bank Syariah Mandiri (BSM) menyatakan kesiapan jika ditunjuk menjadi bank persepsi atas penerapan pengampunan pajak.

Direktur Keuangan dan Strategi BSM, Agus Dwi Handaya, menyatakan sampai saat ini BSM belum ada pemberitahuan secara resmi dari Kementerian Keuangan terkait dua bank syariah yang disiapkan untuk menjadi bank persepsi penerapan pengampunan pajak.

Tapi bila nanti BSM ditunjuk, lanjut Agus Dwi, BSM tentu akan siap dengan berbagai produk dan layanan berfitur syariah. ”Keterlibatan bank syariah tentu akan memperbanyak opsi produk-produk yang dapat dijadikan instrumen investasi oleh pemilik dana, khususnya untuk memfasilitasi yang ingin berinvestasi di produk syariah seperti sukuk, emas, atau mudharabah muqayyadah on balance sheet (MMOB),” tutur Agus Dwi melalui pesan aplikasi daring, Rabu (13/7).

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur BCA Syariah, John Kosasih, mengungkapkan, pihaknya akan mengabari publik jika mendapat konfirmasi dari pihak terkait mengenai bank persepsi penerapan pengampunan pajak.

John membenarkan BCA Syariah merupakan salah satu mitra PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan berhubungan dengan pasar modal selain BSM. ”Saya kira sangat positif perbankan syariah ikut berpartisipasi untuk menjadi bank penampung dana repatriasi,” ugkap John. (bar)

Posting Dua Bank Syariah Disiapkan Jadi Bank Persepsi ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/dua-bank-syariah-disiapkan-jadi-bank-persepsi/feed/ 0
Dana Tabungan Bank Syariah Mandiri Capai Rp 34,42 T http://syariahcenter.com/dana-tabungan-bank-syariah-mandiri-capai-rp-3442-t/ http://syariahcenter.com/dana-tabungan-bank-syariah-mandiri-capai-rp-3442-t/#respond Wed, 13 Jul 2016 17:48:41 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5401 SyariahCenter.com, Jakarta – PT Bank Syariah Mandiri (BSM) mengupayakan peningkatan dana murah. Direktur Utama BSM Agus Sudiarto menjelaskan, Tabungan BSM dan Tabungan Mabrur jadi produk unggulan pendanaan. Keduanya juga merupakan sumber dana murah. Posisi per Mei 2016, komposisi dana murah BSM mencapai 50 persen. Pertumbuhan tabungan yang stabil membuat biaya dana BSM relatif murah. Tabungan ...

Posting Dana Tabungan Bank Syariah Mandiri Capai Rp 34,42 T ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com, Jakarta – PT Bank Syariah Mandiri (BSM) mengupayakan peningkatan dana murah. Direktur Utama BSM Agus Sudiarto menjelaskan, Tabungan BSM dan Tabungan Mabrur jadi produk unggulan pendanaan.

Keduanya juga merupakan sumber dana murah. Posisi per Mei 2016, komposisi dana murah BSM mencapai 50 persen.

Pertumbuhan tabungan yang stabil membuat biaya dana BSM relatif murah. Tabungan BSM meningkat 5,68 persen dari Rp 15,5 triliun per Mei 2015 menjadi Rp 16,38 triliun per Mei 2016.

Tabungan Mabrur Junior juga mencatatkan pertumbuhan 98,25 persen dari Rp 9,1 triliun per Mei 2015 menjadi Rp 18,04 triliun per Mei 2016. Jumlah rekeningnya meningkat 52 persen dari 4.584 akun menjadi 6.989 akun.

Dengan demikian, dana tabungan BSM per Mei 2016 mencapai Rp 34,42 T.

Agus menjelaskan, dalam memasarkan Tabungan Mabrur Junior, BSM bekerja sama dengan lembaga pendidikan, KBIH, Kementerian Agama, dan penyelenggara haji khusus. “Tabungan Mabrur Junior merupakan strategi yang dapat dipilih masyarakat dalam mengantisipasi lamanya antrean haji di Indonesia,” kata Agus.

Adapun program yang dilakukan Mikro BSM selama bulan suci Ramadhan lalu adalah Galang Dana Masjid di 456 unit dan masjid-masjid sekitar pasar. Program ini juga dilakukan pekan pertama setiap bulan.

“Program ini pada dasarnya untuk menarik dana murah dan potensi pembiayaan dari semua pihak yang berkaitan dengan masjid dan masyarakat sekitarnya,” kata Agus, beberapa waktu lalu. (lis)

Posting Dana Tabungan Bank Syariah Mandiri Capai Rp 34,42 T ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/dana-tabungan-bank-syariah-mandiri-capai-rp-3442-t/feed/ 0
OJK Segera Terbitkan Aturan Kelembagaan BPRS http://syariahcenter.com/ojk-segera-terbitkan-aturan-kelembagaan-bprs/ http://syariahcenter.com/ojk-segera-terbitkan-aturan-kelembagaan-bprs/#respond Wed, 13 Jul 2016 05:57:39 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5403 SyariahCenter.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) fokus meregulasi bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) tahun ini. Direktur Pengawasan, Perizinan, Penelitian, dan Pengembangan Perbankan Syariah OJK, Deden Firman Hendarsyah mengatakan, tahun ini OJK menargetkan bisa menerbitkan peraturan kelembagaan BPRS. Regulasi ini akan berbeda dengan bank konvensional karena tidak berupa paket kebijakan. [rpi] ”Konvensional kan ada juga ...

Posting OJK Segera Terbitkan Aturan Kelembagaan BPRS ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) fokus meregulasi bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) tahun ini. Direktur Pengawasan, Perizinan, Penelitian, dan Pengembangan Perbankan Syariah OJK, Deden Firman Hendarsyah mengatakan, tahun ini OJK menargetkan bisa menerbitkan peraturan kelembagaan BPRS. Regulasi ini akan berbeda dengan bank konvensional karena tidak berupa paket kebijakan.

[rpi]

”Konvensional kan ada juga peraturan managemen risiko dan tata kelola, BPRS belum. Yang keluar baru kelembagaan BPRS. Isinya macam-macam, ada tentang modal, pengurus, dan lain-lain,” ungkap Deden di sela-sela halal bi halal OJK di Kantor OJK, Jakarta, Selasa (12/7).

Peraturan kelembagaan BPRS ini ditargetkan selesai tahun ini. Selain itu OJK juga sedang melakukan kajian tentang rencana aksi di BPRS.

Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK, Achmad Buchori menambahkan, tahun ini regulasi lebih banyak terkait BPRS mengingat regulasi BUS dan UUS sudah realtif cukup. Selain itu, Standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) BPRS mengingat SKNNI BPRS juga harus diperbarui.

Managemen risiko perbankan syariah yang masih bersatu dengan konvensional juga menyusul akan dipisahkan. OJK akan bekerja sama dengan Asbisindo untuk mengatur hal tersebut. (bar)

Posting OJK Segera Terbitkan Aturan Kelembagaan BPRS ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/ojk-segera-terbitkan-aturan-kelembagaan-bprs/feed/ 0
OJK Ingin Bank Syariah Dilibatkan Tangani Dana Pengampunan Pajak http://syariahcenter.com/ojk-ingin-bank-syariah-dilibatkan-tangani-dana-pengampunan-pajak/ http://syariahcenter.com/ojk-ingin-bank-syariah-dilibatkan-tangani-dana-pengampunan-pajak/#respond Tue, 12 Jul 2016 16:42:29 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5378 SyariahCenter.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ingin bank syariah dilibatkan menangani dana hasil pengampunan pajak. Meski begitu, kewenangan tetap dikembalikan pada Kementerian Keuangan. Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Achmad Buchori mengatakan, saat ini OJK memang belum mengeluarkan regulasi apapun soal peran bank syariah dalam penanganan dana hasil pengampunan pajak. Tapi OJK ingin bank juga ...

Posting OJK Ingin Bank Syariah Dilibatkan Tangani Dana Pengampunan Pajak ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ingin bank syariah dilibatkan menangani dana hasil pengampunan pajak. Meski begitu, kewenangan tetap dikembalikan pada Kementerian Keuangan.

Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Achmad Buchori mengatakan, saat ini OJK memang belum mengeluarkan regulasi apapun soal peran bank syariah dalam penanganan dana hasil pengampunan pajak. Tapi OJK ingin bank juga bisa memanfaatkan momen ini.

Karena ada struktur mudharabah muqayyadah (MM) di bank syariah yang ia nilai cukup tepat untuk menampung dana hasil pengampunan pajak. MM memungkinkan dana ditempatkan bank syariah sesuai amanat pemilik dana. Hanya saat ini belum ada pembicaraan khusus soal itu.

“Harusnya ini bisa dimanfaatkan. Tentu kami harus bicara juga dengan DSN MUI,” kata Buchori.

Selain MM, penempatan dana di bank syariah akan tergantung pemilik dana. Kalau pun pemilik dana mau mempercayakan penuh pengelolaan dana mereka kepada bank syariah, strukturnya menjadi mudharabah mutlaqah. Kalaupun nanti MM digunakan, ini bukan produk baru karena ada bank syariah yang mempunyai produknya.

Dalam konteks sumber dana hasil pengampunan pajak, Buchori mengaku tak khawatir jika dana-dana itu dimasukkan di bank syariah. “Karena bisa jadi mereka yang memanfaatkan kebijakan pengampunan pajak mencari dan ingin memakai jasa bank syariah,” kata Buchori.

Terkait perlu tidaknya opini DSN MUI, Buchori mengatakan belum ada pembicaraan soal itu. Tapi OJK akan coba bertemu DSN MUI untuk membahas ini. Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad menjelaskan, penunjukkan bank-bank sebagai bank persepsi adalah bagian persiapan penerapan kebijakan pengampunan pajak. Bank persepsi sendiri nantinya tidak hanya bisa menerima dana hasil deklarasi, tapi juga repatriasi. (feb)

Posting OJK Ingin Bank Syariah Dilibatkan Tangani Dana Pengampunan Pajak ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/ojk-ingin-bank-syariah-dilibatkan-tangani-dana-pengampunan-pajak/feed/ 0
Instrumen Syariah Bisa Tampung Dana Repatriasi Pajak http://syariahcenter.com/instrumen-syariah-tampung-dana-repatriasi-pajak/ http://syariahcenter.com/instrumen-syariah-tampung-dana-repatriasi-pajak/#respond Tue, 12 Jul 2016 01:56:33 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5382 SyariahCenter.com, Jakarta – Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan, Suminto mengatakan, dana repatriasi hasil pengampunan pajak dimungkinkan untuk ditempatkan dalam surat berharga negara (SBN) baik surat utang negara (SUN) maupun surat berharga syariah negara (SBSN). Soal SBSN khusus dana repatriasi, ia mengatakan yang paling mungkin dari SBSN adalah mengakomodasi lamanya dana ...

Posting Instrumen Syariah Bisa Tampung Dana Repatriasi Pajak ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com, Jakarta – Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan, Suminto mengatakan, dana repatriasi hasil pengampunan pajak dimungkinkan untuk ditempatkan dalam surat berharga negara (SBN) baik surat utang negara (SUN) maupun surat berharga syariah negara (SBSN). Soal SBSN khusus dana repatriasi, ia mengatakan yang paling mungkin dari SBSN adalah mengakomodasi lamanya dana yang ditempatkan (holding period) saja.

Penggunaan sukuk untuk dana repatriasi ini dinilai tidak butuh fatwa. ”Ini seperti penerbitan biasa saja. Tidak ada isu syariah di sana. Persoalannya lebih pada siapa yang beli,” kata Suminto alam halal bi halal di Kementerian Keuangan, Senin (11/7.

Sementara itu, Dewan Syariah Nasional MUI akan membahas penggunaan instrumen keuangan syariah untuk penampung dana repatriasi hasil pengampunan pajak. DSN MUI akan menelaah dulu kebijakan ini.

Wakil Ketua BPH DSN MUI, Adiwarman Karim mengakui pihaknya belum membahas pandangan syariah penggunaan instrumen keuangan syariah sebagai penampung dana repatriasi hasil penerapan kebijakan pengampunan pajak. Namun bicara soal produk, produk-produk keuangan syariah yang ada saat ini sudah sesuai prinsip syariah.

”Pengesahan Undang-Undang Pengampunan Pajak terjadi menjelang Idul Fitri dan kami belum menggelar rapat setelah itu. Tapi akan ada pembicaraan soal itu,” kata Adiwarman, Senin (11/7).

Tapi sebelum itu, DSN MUI ingin menelaah dan mengetahui dengan jelas kebijakan pengampunan pajak ini dari Menteri Keuangan. Apalagi sebagian fraksi di DPR menolak, maka DSN MUI merasa perlu memperjelas dulu informasi yang ada. Pertemuan DSN MUI dengan Menteri Keuangan diharapkan bisa berlangsung pekan ini. (feb)

Posting Instrumen Syariah Bisa Tampung Dana Repatriasi Pajak ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/instrumen-syariah-tampung-dana-repatriasi-pajak/feed/ 0
Alhamdulillah, Masjid Agung Al Azhar Terima Zakat Maal Rp 18 Miliar http://syariahcenter.com/alhamdulillah-masjid-agung-al-azhar-terima-zakat-maal-rp-18-miliar/ http://syariahcenter.com/alhamdulillah-masjid-agung-al-azhar-terima-zakat-maal-rp-18-miliar/#respond Thu, 07 Jul 2016 04:35:56 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5348 SyariahCenter.com – Masjid Agung Al Azhar menerima zakat maal sebesar Rp 18 miliar yang diberikan oleh umat muslim. Zakat tersebut akan disalurkan pada pihak yang membutuhkan setelah Lebaran atau Idul Fitri 1437 Hijriah. Ketua Urusan Rumah Tangga Masjid Agung Al Azhar Yahya mengatakan penerimaan zakat maal dilakukan sejak awal Ramadhan yakni 6 Juni 2016 dan ...

Posting Alhamdulillah, Masjid Agung Al Azhar Terima Zakat Maal Rp 18 Miliar ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com – Masjid Agung Al Azhar menerima zakat maal sebesar Rp 18 miliar yang diberikan oleh umat muslim. Zakat tersebut akan disalurkan pada pihak yang membutuhkan setelah Lebaran atau Idul Fitri 1437 Hijriah.

Ketua Urusan Rumah Tangga Masjid Agung Al Azhar Yahya mengatakan penerimaan zakat maal dilakukan sejak awal Ramadhan yakni 6 Juni 2016 dan berakhir pada hari Rabu (6/7). Ia mengatakan pengelola masjid membutuhkan waktu untuk menyeleksi dan menentukan pihak yang berhak menerima zakat itu.

“Kemungkinan kita serahkan 2-3 bulan mendatang,” ujar Yahya, Rabu (6/7).
.
Dia mengatakan zakat maal itu akan didistribusikan kepada lembaga-lembaga yang membutuhkan. Namun, lembaga-lembaga yang membutuhkan seperti panti asuhan terlebih dahulu mengajukan proposal kepada pihak masjid untuk memperoleh penyaluran zakat maal itu.

“Setiap tahun ada pengajuan proposal, dari situ akan kita pelajari dan seleksi untuk pemberian uang,” tuturnya.

Dia mengatakan pihaknya akan mengutamakan lembaga dengan keorganisasian yang baik dan akan menyalurkan zakat itu sesuai dengan kebutuhan lembaga dan ketersediaan dana.

“Pastinya lembaga yang dikelola dengan baik dan kami mengutamakan lembaga yang berada di wilayah yang terdekat dengan masjid, bisa Jakarta Timur, Bekasi, dan Depok bisa saja,” ujarnya. (bar)

Posting Alhamdulillah, Masjid Agung Al Azhar Terima Zakat Maal Rp 18 Miliar ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/alhamdulillah-masjid-agung-al-azhar-terima-zakat-maal-rp-18-miliar/feed/ 0
Luar Biasa! Potensi Zakat Di Indonesia Capai Rp400 Triliun http://syariahcenter.com/luar-biasa-potensi-zakat-indonesia-capai-rp400-triliun/ http://syariahcenter.com/luar-biasa-potensi-zakat-indonesia-capai-rp400-triliun/#respond Wed, 06 Jul 2016 05:05:28 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5300 SyariahCenter.com, Jakarta – Potensi zakat yang ada di Indonesia saat ini bisa mencapai Rp400 triliun, hanya saja masih ada masalah dalam “marketing” dan peruntukannya yang terkait dengan kepercayaan masyarakat kepada lembaga pengelola zakat selama ini. Hal itu terungkap dalam diskusi yang diadakan Keluarga Islam Britania (Kibar) Colchester, United Kingdom, pada penghujung Ramadan usai acara buka ...

Posting Luar Biasa! Potensi Zakat Di Indonesia Capai Rp400 Triliun ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com, Jakarta – Potensi zakat yang ada di Indonesia saat ini bisa mencapai Rp400 triliun, hanya saja masih ada masalah dalam “marketing” dan peruntukannya yang terkait dengan kepercayaan masyarakat kepada lembaga pengelola zakat selama ini.

Hal itu terungkap dalam diskusi yang diadakan Keluarga Islam Britania (Kibar) Colchester, United Kingdom, pada penghujung Ramadan usai acara buka puasa bersama dengan pembicara Hilman Latief, Ph.D yang diundang KBRI London mengisi acara selama Ramadhan di Inggris.

Murniati Mukhlisin, Ph.D, dosen Essex Business School kepada Antara di Jakarta, Selasa menyebutkan pelaporan terhadap penyaluran dana zakat yang telah dikumpulkan selama ini belum berjalan dengan maksimal.

Sementara itu muzakki atau pembayar zakat semakin cerdas dan akan mempertanyakan dikemanakan uang mereka. Untuk membangun gedung lembaga pengelola dan gaji pengurus atau untuk apa.

Hal senada juga diungkapkan Hilman Latief, dari Lembaga ZIZ Muhammadiyah (Lazizmu) mencontohkan bahwa tidak semua pengurus pada level pimpinan Muhamadiyah, misalnya tak memanfaatkan Lazismu sebagai wadah menyalurkan zakat.

Diperlukan edukasi bahwa muzakki dapat meminta kepada amil tempatnya menyalurkan dana untuk menyalurkan kepada orang-orang yang diinginkannya, ujarnya.

Berat membangun kesadaran ini, karena faktor kepercayaan dan keterbukaan. Ada lembaga besar yang tidak mau berbagi data, ada yang disembunyikan.

Selanjutnya >>

Posting Luar Biasa! Potensi Zakat Di Indonesia Capai Rp400 Triliun ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/luar-biasa-potensi-zakat-indonesia-capai-rp400-triliun/feed/ 0
Krisis 2008 Buktikan Bisnis Syariah Lebih Kuat http://syariahcenter.com/krisis-2008-buktikan-bisnis-syariah-lebih-kuat/ http://syariahcenter.com/krisis-2008-buktikan-bisnis-syariah-lebih-kuat/#respond Fri, 01 Jul 2016 23:44:56 +0000 http://syariahcenter.com/?p=5230 SyariahCenter.com – Perbankan syariah sebaiknya menjadi sistem yang mendukung bisnis suatu perusahaan. Terlebih, perbankan ini memiliki karakteristik yang bisa melindungi mereka dari ketidakpastian. Managing Director of Orient Planet, Nidal Abou Zaki, pada tahun 2008, perekonomian global dihantam krisis dan sebagian besar institusi konvensional terkena dampaknya, namun tidak bagi perbankan syariah. Perbankan syariah terbebas dari sekuritas ...

Posting Krisis 2008 Buktikan Bisnis Syariah Lebih Kuat ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
SyariahCenter.com – Perbankan syariah sebaiknya menjadi sistem yang mendukung bisnis suatu perusahaan. Terlebih, perbankan ini memiliki karakteristik yang bisa melindungi mereka dari ketidakpastian.

Managing Director of Orient Planet, Nidal Abou Zaki, pada tahun 2008, perekonomian global dihantam krisis dan sebagian besar institusi konvensional terkena dampaknya, namun tidak bagi perbankan syariah. Perbankan syariah terbebas dari sekuritas konvensional, unsur-unsur derivatis, dan aset berbahaya. Inilah yang membuat mereka terlindung dari risiko yang tidak perlu.

Hal ini juga diperkuat dengan studi IMF yang membandingkan kinerja perbankan konvensional dengan perbankan syariah. Perbankan syariah lebih tahan menghadapi krisis daripada perbankan konvensional.

“Ini adalah waktu yang tepat dan langkah maju bagi perusahaan kelas dunia untuk melihat perbankan syariah yang bisa jadi pelindung dari perlambatan ekonomi dunia, bahkan resesi global,” kata dia dilansir dari Gulf Times.

Zaki juga mengatakan keuangan syariah menciptakan kedekatan yang lebih erat dengan aktivitas sektor riil yang memberikan nilai besar dan merangsang pergerakan finansial menjadi lebih dinamis. Produk-produk syariahnya juga dikembangkan untuk menggenjot pemenuhan kebutuhan nasabah seperi high return dan likuiditas yang tinggi.

“Masuk akal jika suatu perusahaan merangkul perbankan yang protektif dan konservatif terhadap ketidakpastian saat ini,” kata dia dilansir dari Gulf Times.

Zaki mengatakan di tengah kondisi perekonomian dunia, perusahaan harus membuat keputusan penting untuk melindungi diri mereka dari bencana seperti resesi global. “Bersandar pada perbankan dan keuangan syariah bisa membuat dunia usaha menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan perekonomian global,” kata dia. (bar)

Posting Krisis 2008 Buktikan Bisnis Syariah Lebih Kuat ditampilkan lebih awal di Syariah Center.

]]>
http://syariahcenter.com/krisis-2008-buktikan-bisnis-syariah-lebih-kuat/feed/ 0