Mitos Yang Tak Benar Seputar Bank Syariah

SyariahCenter.com – Jika dilihat dari kegiatan operasionalnya, jenis bank di Indonesia dibedakan atas dua macam, yakni konvensional dan syariah. Umumnya, bank konvensional menerapkan metode bunga untuk segala kegiatannya, sedangkan syariah menerapkan berbagai kaidah yang sesuai dengan syariah Islam.

Meski secara mendasar keduanya cuma dibedakan berdasarkan atas sistem operasionalnya saja, namun ternyata ada beberapa pihak yang masih salah tanggap dalam mempersepsikan bank syariah.

Anehnya lagi, banyak yang tidak mau mempelajari lebih lanjut terkait kesalahpahaman tersebut, alhasil banyak yang masih enggan menggunakan sistem ini. Padahal jika dicermati lebih lanjut, prosedur yang diterapkan oleh bank syariah tidak merugikan kedua belah pihak, baik debitur atau kreditur karena sistemnya yang tidak menjerat si peminjam uang.

Lantas, apa saja mitos yang berkembang di masyarakat terkait mitos bank syariah tersebut?

1. Produknya Terbatas

Banyak yang menganggap jika perbankan yang menerapkan sistem syariah tidak memiliki banyak variasi produk. Padahal tidak juga, karena seiring berjalannya waktu, produk bank syariah juga mengalami inovasi. Misalnya adalah ketersediannya tabungan syariah, kartu kredit syariah, deposito syariah, pembiayaan syariah, asuransi syariah, atau lain sebagainya.

Selanjutnya >>
(Visited 89 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *