Makanan Yang Baik Untuk Nutrisi Otak Anak

Masa anak-anak adalah masa yang paling penting untuk menunjang pertumbuhannya dengan baik. Untuk dapat memenuhi pertumbuhannya, sang anak harus diberikan nutrisi yang tepat. Asupan makanan sangat berpengaruh. Pada dasarnya, nutrisi otak anak yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan anak adalah glukosa, lemak, protein, esensial, vitamin, serta mineral.

Glukosa adalah sumber energi utama untuk otak. Glukosa bisa didapatkan dari makanan berkarbohidrat seperti nasi, roti, jagung, kentang, tepung, dan lain sebagainya. Selain glukosa, asam amino dan asam lemak juga berperan penting untuk membentuk jaringan serta sel baru pada otak. Asam amino bisa didapatkan dari makanan-makanan yang mengandung protein. Sedangkan asam lemak bisa didapatkan dari makanan yang mengandung lemak.

Lalu, tahukah anada jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi oleh sang buah hati? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk membantu pertumbuhan otak si  kecil :

  1. Gandum. Mengandung karbohidrat dan kadar indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi. Gandum berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak agar dapat berkonsentrasi serta fokus pada aktivitas yang dilakukan oleh anak.
  2. Ikan laut. Makanan ini mengandung asam lemak yang diperlukan oleh otak. Nutrisi ini dapat membantu perkembangan otak anak untuk dapat menerima pelajaran dengan mudah. Asam lemak dapat diperoleh dari dari jenis ikan salmon, ikan tuna, ikan mackerel, ikan sarden, serta ikan hering.
  3. Telur. Makanan yang memiliki kandungan protein yang kaya akan vitamin B6, B12, dan asam folat. Telur juga mengandung lemak omega-3 yang mendukung pertumbuhan otak anak. Vitamin B kompleks dari telur juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit stroke, serta Alzheimer.
  4. Brokoli. Sayuran jenis ini mengandung vitamin K yang baik untuk tubuh serta meningkatkan fungsi kerja otak, karena brokoli mengandung glukosinolat yang dapat menjaga ingatan otak agar tetap tajam. Sehingga anak bisa menerima pelajaran dengan baik.

Selain makanan-makanan tersebut, ada banyak jenis makanan lainnya yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak. Seperti kacang merah, jagung, nasi, hati, daging, dan lain-lain.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *