Ketika Mualaf Korea Bercerita Islam Melalui Gambar

Syariahcenyter.com – Banyak orang Korea menganggap Islam sebagai agama budaya Timur Tengah. Dengan demikian, mereka menganggap bahwa Islam bukanlah agama untuk orang- orang Korea dan tidak cocok bagi budaya Korea.

Namun, pada kerajaan terakhir dari Korea, Joseon (tahun 1.390 hingga 1900), ada banyak tradisi dan Budaya Korea yang mirip dengan ajaran Islam. Itulah salah satunya yang dikembangkan salah seorang mualaf asal Korea Selatan, Muna Hyunmin Bae. Dia terinspirasi pakaian tradisional yang dikenakan oleh wanita Joseon yang disebut Jang-ot.

Ketika wanita-wanita Joseon keluar rumah, mereka akan menutupi seluruh tubuh mereka dari kepala sampai kaki, kadang-kadang termasuk wajah mereka. Mereka berpikir bahwa wanita harus melindungi kehormatan dan kebajikan untuk keluarganya dan dirinya sendiri dengan menutupi tubuhnya.

Hal ini sangat mirip dengan tradisi Islam yang mewajibkan wanita mengenakan hijab. Wanita kelahiran 1989 ini telah menjadi Muslimah sejak 2009 lalu. Pemilik akun Instagram-nya @mhmbae ini senang mengunggah ilustrasi wanita berhijab mengenakan pakaian tradisional Korea, Hanbok

Muna saat ini sedang mengambil jurusan Scenography di Uni Emirat Arab. “Aku ingin mencoba mengeksplorasi kultur Korea dan mencari kemiripannya dengan ajaran Islam melalui gambar-gambarku. Dan ingin menunjukkan bahwa orang Korea pun bisa menjadi Muslim,” ujar Muna.

Wanita ini pun telah mengeluarkan buku ilustrasi tentang cerita hadis-hadis bersama Korea Muslim Federation (KMF) dimana buku asli Karya Yasar Kandemir berjudul Cocuklara 40 Hadis ini telah diterbitkan di Istanbul, Turki. Buku ini bertujuan memberikan inspiransi bagi anak-anak muslim Korea. Muna juga telah menggelar pameran pertamanya bertajuk The Dignity di Sikka Art fair 2014 di Dubai, UAE. (lis)

(Visited 312 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *