Kemenag Upayakan Aturan Pembayaran Zakat PNS

Syariahcenter.com, Jakarta – Kementerian Agama akan mengupayakan terwujudnya surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri soal aturan pembayaran zakat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kita usahakan secepatnya. Kalau pekan depan ketemu Menteri Agama dan menteri lain, maka ini akan cepat. Kemenag sudah jalan,” ujar Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian AgamaMachasin usai membuka acara Rakornas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Hotel Millennium Jakarta, Selasa (1/12).

Ia menjelaskan, saat ini tidak semua kementerian bisa mengumpulkan zakat. Dengan SKB tiga menteri tentu akan lebih banyak lagi kementerian yang ikut membayarkan zakatnya ke Baznas. Untuk saat ini, pegawai Kementerian Agama golongan satu dan dua sudah dipotong gajinya untuk pembayaran zakat ke Baznas.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan segera diadakan pertemuan dengan tiga kementerian terkait dan ketua Baznas untuk membahas permasalahan SKB ini.

Baznas mendukung usulan adanya SKB tiga menteri terkait pembayaran zakat bagi pegawai negeri Sipil (PNS). Ketua Umum Baznas Bambang Soedibyo mengatakan, SKB ini akan mengatur pemotongan gaji bagi pihak-pihak yang bekerja untuk negara. Seperti kementerian lembaga, TNI polri, Pemda, BUMN. Pemotongan dilakukan 2,5 persen dari gaji kotor PNS untuk pembayaran zakat.

“Ide SKB itu datangnya dari Kemenko PMK, tepatnya Deputi Kemenko PMK. Dari bawah juga ada dorongan, “ujar Bambang. (zae)

(Visited 36 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *