Kelebihan TV LED Dibandingkan TV LCD

Ada dua jenis LCD backlit LED, yaitu edge-lit dan full array. TV LED edge-lit dirancang dengan barisan LED di sekitar garis keliling. Hal ini memungkinkan LED tersebut menjadi sangat tipis dan ringan, TV LED ini pun tidak mahal jika dibandingkan dengan model full-array. Namun demikian TV LED edge-lit ini memiliki tingkat kontras yang lebih buruk jika dibandingkan dengan model full-array dan juga dapat menghasilkakn kilauan yang kelihatan di sekeliling tepi. Contohnya adalah gambar yang seluruhnya hitam kemungkinan akan memiliki keliling abu-abu yang mengungkapkan sumber cahaya. Dan ini terutama dapat terlihat ketika menonton TV tersebut di ruang gelap.

TV LED full-array terdiri dari bidang cahaya di belakang layar yang menerangi keseluruhan gambar. Hal ini memungkinkan pilihan yang disebut sebagai peredupan lokal yang dapat mematikan LED individual di bagian yang digelapkan dari gambar di layar. Hal ini menghasilkan level kontras yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah kelebihan utama TV LED jika dibandingkan dengan model LCD standar

Kontras yang lebih tinggi

Tingkat kontras dari TV LED seringkali lebih tinggi jika dibandingkan dengan LCD standar, terutama pada produk dengan array LED penuh. Pada beberapa kasus TV ini dapat menyaingi plasma pada hitam yang dalam.

Keakuratan warna yang lebih ditingkatkan

Teknologi LED juga memungkinkan TV untuk memiliki keakuratan warna yang lebih baik jika dibandingkan TV LCD biasa. Sekali lagi menyamai tingkat kualitas dari TV plasma.

Hemat Energi

TV LED bahkan lebih hemat energi jika dibandingkan dengan TV LCD, sehingga dapat menghemat uang pada tagihan listrik dan juga mengurangi keluaran panas lebih lanjut.

Tipis dan Ringan

Penerangan latar LED memungkinkan TV untuk lebih tipis dan ringan jika dibandingkan dengan versi standar, terutama model edge-lit. Hal ini membuatnya mudah dipasang di dinding.

Namun demikian perlu diingat juga bahwa fitur-fitur tersebut beragam sesuai dengan model. Dan tidak semua TV LED lebih baik jika dibandingkan dengan TV LCD. Untuk menemukan TV LED, lakukan penelitian pada model khusus dari brand khusus yang diminati.

Kesimpulan

Televisi dengan backlit LED merupakan bentuk canggih dari teknologi LCD. Pada umumnya TV tersebut diproduksi sebagai model kelas atas pada jajaran pabrik TV LCD. Produk-produk tersebut memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan televisi lain di pasaran, termasuk layar yang lebih cerah, keakuratan warna yang lebih tinggi, rasio kontras yang kuat, desain yang tipis dan ringan, hemat energi, dan rentang ukuran layar yang lebih beragam.

Pembeli perlu memutuskan antara TV dengan desain edge-lit dan array. LED array lebih mahal jika dibandingkan dengan LED edge-lit. Tetapi harga TV LCD murah jika dibandingkan dengan LED edge-lit.

TV LED array memliki peredupan lokal yang mampu mencapai tingkat kontras yang mengesankan. Sementara model edge-lit lebih ringan dan tipis, namun demikian beberapa perangkat dapat menampilkan kilauan di sekeliling layar tempat posisi LED.

Ketika pembeli memutuskan antara dua jenis TV LED, mereka mesti mempertimbangkan resolusi, refresh rate, rasio kontras dan kemungkinan bloominguntuk melanjutkan mencari produk yang paling pas.  Manfaatkan waktu untuk memeriksa seluruh profil yang jual TV LED murah sebelum melakukan pembelian online. Dan baca tinjauan untuk menemukan produk terbaik yang tersedia.Ada banyak keuntungan dari TV LED yang dapat memberikan beberapa kualitas terbaik untuk menonton dan hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *