Joran: Mengenal Jenisnya dari Bentuk dan Karakter

Mungkin sebagian besar orang masih sangat asing dengan istilah jorannamun bagi para pecinta kegiatan memancing, nama tersebut sudah sangat familiar karena digunakan untuk menggantikan kata tongkat pancing. Tongkat pancing bagi para penghobi pancing merupakan senjata yang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tangkapan yang sesuai dengan keinginan. Ada banyak jenis tongkat pancing yang semuanya memiliki karakteristik sendiri sehingga memiliki cakupan ikan yang bisa ditangkap yang berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dekat mengenai jenis-jenis alat pancing, maka berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda.

Ada beberapa jenis tongkat pancing yang dibedakan dari bentuknya yaitu:

  • Pole rod.

Merupakan tongkat pancing yang tidak menggunakan ring atau dudukan benang.

  • Baticasting.

Merupakan tongkat pancing dengan benang yang berada di bagian panggul tongkat.

  • Spinning.

Jenis tongkat pancing yang menggunakan letak benang menggantung pada tongkat.

Sedangkan jenis tongkat pancing yang dibedakan dari penggunaannya ada bermacam-macam juga yaitu jigging, casting, trolling, spinning, surf casting dan popping.

Bagi Anda yang sudah sering melakukan kegiatan memancing bersama kawan-kawan, mungkin akan lebih mengenal istilah tongkat pancing sesuai dengan karakteristik yang diberikannya. Berikut ini adalah macam-macam tongkat pancing yang sering dibedakan juga berdasarkan karakteristiknya

  • Fishing rod action.

Dapat dikatakan fishing rod taper merupakan jarak lengkungan pada tongkat pancing. Dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

  • Ekstra fast.

Memiliki jarak lengkung yang sedikit bahkan tampak seperti tak ada lengkungan pada ujung tongkatnya. tongkat pancing jenis ini digunakan untuk memancing di perairan yang memiliki tumbuhan air cukup padat seperti di rawa.

Memiliki titik lengkung sekitar 25 – 30% dari ujung tongkat sehingga membuatnya lebih sensitif. Cocok digunakan untuk memancing dengan mata kail tunggal.

Tongkat pancing jenis ini melengkung di bagian tengah sehingga mampu memancing dengan tenaga yang lebih besar. Cocok digunakan untuk memancing lure yang aktif.

Merupakan jenis joran yang memiliki sudut lengkung bagaikan bulan sabit sehingga menghasilkan tongkat pancing yang sangat lentur. Baik digunakan untuk menangkap ikan kecil pada jarak pendek.

Itulah beberapa jenis dan karakteristik tongkat pancing yang saat ini banyak beredar di pasaran. Jika dahulu Anda hanya mengenal tongkat pancing dari bambu sederhana sehingga ikan yang dipancing pun hanya monoton itu-itu saja, namun sekarang tongkat pancing baru sudah dibuat bahkan diimpor dari luar negeri untuk juga bisa digunakan di lautan bebas sehingga pancingan bisa mendapatkan ikan yang besar bahkan langka. Hal ini juga tak lepas dari tayangan televisi yang kini banyak menayangkan mengenai hobi memancing dan peralatan yang dibutuhkan termasuk tongkat pancing. Untuk membeli tongkat pancing yang sedikit unik, maka mungkin Anda perlu membelinya di toko pancing modern atau melalui toko online dengan harga yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Dengan mengenal karakteristik joran dan jenis-jenisnya, diharapkan Anda sebagai pemancing amatir maupun profesional bisa lebih mengerti jenis penggunaan tongkat pancing yang mana yang memudahkan Anda untuk memancing ikan tertentu. Bisa jadi Anda yang dulunya menggunakan tongkat pancing sederhana dan kurang sering mendapatkan ikan saat memancing, kini dengan membeli tongkat pancing khusus sesuai dengan jenis ikan yang hendak dipancing bisa menghasilkan pancingan yang lebih banyak baik untuk konsumsi, niaga ataupun hanya untuk sekedar menyalurkan hobi saja. Menggunakan pancing juga jauh lebih baik daripada Anda menangkap ikan menggunakan jala atau bahan peledak yang dapat merusak terumbu karang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *