Inilah 3 Dzikir Rasullulah Sebagai Penghapus Dosa

Syariahcenter.com – Manusia hidup memang tak luput dari kesalahan dan dosa. Dari dosa kesalahan yang pernah kita perbuat, mungkin jika dijumlahkan jauh lebih dari butiran pasir di pantai, banyak tak terhitung, melimpah ruah dan jelas akan terus bertambah sepanjang hayat di badan.

Bersyukur Allah SWT maha pengampun lagi maha penyayang. Sebesar dan sebanyak apa pun dosa dan khilaf yang pernah kita lakukan, jika menyesali, tak mengulangi dan bertaubat, sungguh pengampunan-Nya amat luar biasa.

Selain dengan taubat, senantiasalah meminta ampun kepada Allah SWT dengan dzikir menyebut asma-Nya sebagai penghapus dosa. Ada tiga kalimat dzikir yang dianjurkan oleh Rasulullah SWA sebagai penghapus dosa.

Yang pertama adalah bacaan dzikir ketika bangun tidur. Rasullulah SAW bersabda :

“Tidak ada seorang pun yang telah dikembalikan ruhnya (bangun tidur) kemudian membaca,

Laillahaillallahu wahdahula syarikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘ala kulli syaiinqodir – Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahaesa. Tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, dan bagi-Nya segala puji. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu

melainkan segala dosanya diampuni oleh Allah walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Ibnus Sunni, Imam an-Nawawi)

Yang kedua, Rasullulah SAW bersabda :

“Barangsiapa mengucapkan; Subhanallahi wa bihamdihi – Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya, sebanyak seratus kali dalam sehari, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya, meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Imam al-Bukhari dan Imam Muslim)

Yang ketiga adalah kalimat dzikir saat hendak berpakaian. Rasullulah SAW :

“Barangsiapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca; Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin – segala puji bagi Allah SWT yang telah memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku, maka Allah SWT mengampuni dosanya yang telah lalu.” (nur)

(Visited 159 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *