Ini Dia Resep Bubur Kacang Hijau Modifikasi

Sepertinya tidak ada yang tidak mengenal dengan kudapan bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau ini merupakan olahan pangan yang bahan dasarnya itu menggunakan kacang hijau. Masyarakat Indonesia banyak yang menggemari makanan ini karena selain rasanya yang enak tetapi juga memiliki kandungan gizi yang banyak yang akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan resep bubur kacang hijau ini pun terbilang mudah.  Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi bubur kacang hijau seperti mencegah kanker, mengobati anemia, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol,mengatasi diabetes, mengurangi keluhan pasca menopause, menjaga kesehatan jantung, dan menguatkan tulang.

Kudapan sederhana tetapi kaya akan gizi dan dapat disajikan dalam keadaan panas ataupun dingin dengan menggunakan es. Apalagi jika menyajikannya itu secara “fleksibel” yang dicampur hingga seperti bubur kampium. Selain kacang hijaunya sendiri yang mengandung protein dan vitamin, tetapi santan yang melengkapinya juga mengandung lemak yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ditambah lagi dengan cara penyajian bubur kacang hijau yang fleksibel sehingga akan memudahkan kita untuk lebih menikmatinya.

Tetapi tidak bisa dipungkiri kita akan merasa bosan dengan cara penyajian bubur kacang hijau yang seperti itu itu saja. Sehingga kita akan merasa malas untuk mencicipi makanan yang sehat seperti itu. Sebenarnya untuk memodifikasi bubur kacang hijau ini kita bisa menggunakan kulit jeruk. Jika kulit jeruk Balinan yang tebal bisa kita gunakan sebagai mainan, kulit jeruk Sunkist yang tebal dan berbau harum dan khas bisa kita gunakan untuk memodifikasi resep didalam pembuatan bubur kacang hijau. Berikut akan kami sajikan resep cara membuat bubur kacang hijau modifikasi diantaranya yaitu :

  1. Kacang Hijau Saus Sunkist

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah kacang hijau 500 gram, sebelum dimasak sebaiknya direndam selama satu malam. Gula merah jika tidak ada maka bisa menggunakan gula pasir secukupnya. Daun pandan 1 hingga 2 lembar. Dan santan kelapa ½ liter. Jika kita seseorang yang malas atau susah untuk mendapatkan kelapa parut untuk santan, maka bisa menggunakan santan yang tinggal diolah. Siapkan juga kulit luar jeruk Sunkist lalu dipotong kecil kecil.

Cara membuatnya adalah Kacang hijau yang sudah direndam direbus bersama gula dan daun pandan. Lalu masak hingga kacang hijaunya empuk, potongan kulit jeruknya direbus bersama santan. Setelah bubur matang lalu api dimatikan.

  1. Sekoteng Kacang Hijau

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah kacang hijau 200 gram. Santan encer dari 1 butir kelapa 500 ml. Santan kental dari 1 butir kelapa 250 ml. Gula pasir 150 gram. Jahe 3 cm dimemarkan. Serai 2 batang dimemarkan. Roti tawar 2 iris dipotong dadu. Nasi ketan putih 200 gram. Dan susu kental manis secukupnya.

Cara membuatanya adalah kacang hijau dimasak bersama santan encer, gula pasir, jahe, dan serai. Lalu kacang hijau dimasak hingga lunak. Setelah itu santan kental dimasukkan lalu dimasak kembali hingga mendidih lalu angkat. Kemudian siapkan mangkuk lalu potongan roti dan nasi ketan ditaruh secukupnya. Setelah itu tuangkan bubur kacang hijau kedalam mangkuk dan tambahkan susu kental manis dan sajikan dalam keadaan hangat.

Itulah resep cara membuat bubur kacang hijau modifikasi. Dengan membuat bubur kacang hijau yang dimodifikasikan dengan kulit jeruk atau ala sekoteng, maka ini akan menghilangkan rasa bosan kita dengan penyajian bubur kacang hijau yang seperti itu itu saja.

 

(Visited 7 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *