Ini Dia 4 Cara Tepat Dalam Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Orang tua mana sih di dunia ini yang tidak senang akan kehadiran sang buah hati ? Tentu saja kehadiran sang buah hati ke dunia, merupakan momen yang paling indah dan membahagaikan bagi semua orang tua. Namun, tidak semua dari mereka yang mengetahui cara merawat bayi dengan tepat. Bahkan, hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para orang tua. Dan memang, bayi yang baru lahir ini tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Dibutuhkan trik-trik khusus, agar tidak salah dalam merawatnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut ini ada 4 cara tepat dalam merawat bayi yang baru lahir :

  1. Berikan ASI Dengan Porsi Sedikit Namun Sering

Berdasarkan dari hasil medis, bayi yang baru lahir itu memiliki lambung yang ukurannya sangat kecil. Maka dari itu, bunda harus memberikan ASI dengan porsi sedikit namun sering. Biasanya, bayi yang baru lahir setidakya membutuhkan asupan ASI sekitar 1 sampai 2 jam dalam beberapa hari. Itu sebabnya, mengapa bayi mudah menangis sambil menghisap jempol. Itu artinya, sang buah hati anda merasa lapar. Meskipun sang bayi dalam keadaan tidur, bunda tetap harus memberikan ASI dan diusahakan untuk menyusui dalam keadaan bangun.

  1. Jangan Dibiasakan Untuk Terbangun Dimalam Hari

Perlu bunda ketahui, bahwa bayi yang baru lahir itu membutuhkan waktu tidur dengan durasi 18 jam per harinya. Namun, adakalanya bunda sering dibuat repot saat bayi terbangun ditengah malam. Untuk mengatasi hal tersebut, bunda bisa mengajak sang buah hati untuk banyak beraktivitas disiang hari. Dengan demikian, maka sang buah hati akan merasa lelah dan tertidur pulas di malam hari.

  1. Selalu Berikan kehangatan

Seperti yang bunda tahu, bahwa bayi yang baru lahir itu belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Hal itu juga dikarenakan lemak pada bayi masih terbilang sedikit. Tahukah bunda ? Lemak yang ada didalam tubuh itu berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Mengingat lemak pada tubuh bayi belum terlalu banyak, maka sudah seharusnya bunda untuk selalu memberikan kehangatan kepada sang buah hati.

  1. Perhatikan Kulitnya Yang Sensitif

Bayi yang baru lahir itu memiliki kulit sensitif, sehingga sering terjadi ruam popok dan membuat kulitnya lecet. Maka dari itu, bunda harus selalu membersihkan popoknya serta popok harus selalu dalam keadaan kering.

Itulah 4 cara tepat dalam merawat bayi yang baru lahir. Akhir kata cukup sekian dan selamat mencobanya.

(Visited 24 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *