Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat Dalam Keluarga

Perbedaan pendapat merupakan sesuai yang sangat wajar terjadi. Bahkan kita tidak bisa menghindari perbedaan pendapat hingga ke dalam kehidupan keluarga. Namun sebagai orang yang sudah dewasa, tentu saja bisa menyikapi perbedaan dalam mengemukakan pendapat dengan cara yang baik dan tepat. Sehingga bisa memposisikan perbedaan pendapat sebagai sesuai yang bisa menciptakan suatu hal atau tujuan tertentu yang lebih baik. Nah jika memang sudah terjadi sebuah perdebatan antar anggota keluarga karena perbedaan pendapat, maka kita harus tahu cara menyikapinya.

Berikut ini beberapa cara menyikapi perbedaan dalam mengemukakan pendapat dalam kehidupan berkeluarga :

  1. Gunakanlah cara mengemukakan pendapat yang baik

Ketika tejadi perbedaan pendapat dalam berkeluarga, tidak jarang menimbulkan sebuah pertengkaran. Sebenarnya pertengkaran tersebut terjadi, bukan karena masalah perbedaan pendapatnya. Akan tetap cara menyampaikan pendapat yang dilakukan oleh kedua belah pihak kurang tepat atau salah. Mengemukakan pendapat dalam berkeluarga dengan cara ngotot, kasar dan terkesan menyalahkan, maka hanya akan menimbulkan pertikaian saja. Maka dari itu, gunakanlah cara yang benar dan baik dalam menyampaikan pendapat. Salah satunya yaitu dengan coba mengerti perasaan masing-masing anggota keluarga.

  1. Saling mengharga setiap pendapat yang ada

Kita harus tahu, bahwa berpendapat merupakan hak setiap orang. oleh sebab itu, ketika anda tidak setuju dengan pendapat anggota keluarga yang lain, maka bukan berarti pendapat dari anda hanya satu-satunya yang benar. Ketika terjadi ketidaksepahaman dalam sebuah pendapat, maka setiap anggota keluarga harus bisa saling menghargainya satu sama lain. Hal tersebut perlu dilakukan supaya berbagai macam perbedaan dalam berpendapat dapat disikapi dengan baik tanpa menimbulkan pertengkaran.

  1. Adakan pertemuan keluarga

Menjadikan sebuah keluarga yang menerapkan sistem demokrasi yaitu terbuka kepada siapa saja dalam mengemukanan pendapat serta pemikirannya memang sangat bagus. Akan tetapi, harus diketahui bahwa dalam menyampaikan pendapat haruslah tetap menerapkan cara yang baik yaitu dengan menghargai sesama anggota keluarga. Jika memang terjadi perbedaan pendapat yang menimbulkan pertengkaran, maka cobalah adakan pertemuan keluarga. Saat semua anggota berkumpul, maka mulailah untuk mengobrol dengan baik dalam mencari jalan keluar atau solusi terhadap pertengkaran yang terjadi. Dengarkanlah setiap pendapat yang dikemukankan oleh setiap anggota keluarga dengan cara yang bijaksana yaitu saling menghargai dan dengan cara yang baik.

Hanya itu beberapa cara menyikapi perbedaan dalam mengemukakan pendapat dalam, kehidupan berkeluarga. Yang perlu kita ingat adalah manusia memang diciptakan berbeda. Oleh sebab itu kita harus menjadikan perbedaan yang anda menjadi sesuai yang lebih bermanfaat. Semoga bermanfaat ya artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *