Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa

Syariahcenter.om  – Bagi sebagian orang berpendapat bahwa jika ingin membangun sebuah bisnis maka pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tetapi sebenarnya tak semua jenis usaha memerlukan modal yang besar. Banyak pengusaha sukses yang bermula dari modal yang seadanya namun usahanya bisa berkembang luas.

Hal itu tak luput dari stretegi usaha yang tepat. Oleh karena itu bagi anda para mahasiswa yang ingin mempunyai bisnis sampingan tak perlu khawatir. Modal berapa pun bisa anda wujudkan dalam membangun bisnis. Bahkan anda tak perlu mengeluarkan modal sedikit pun asal tau caranya. Namun yang harus diingat anda harus cermat memilih jenis usaha yang sesuai bagi anda para mahasiswa. Berikut referensi usaha yang bisa anda lakukan.

  • Berjualan Melalui Online

Sudah tak dipungkiri lagi jika media sosial menjadi peranan penting dalam kehidupan era digital ini. Media sosial tak hanya digunakan untuk bersosialisasi dengan teman lama namun juga untuk memasarkan berbagai produk. Strategi pemasaran melalui media sosial bisa dikatakan cara yang paling ampuh untuk sekarang ini. Apalagi anda para mahasiswa yang sudah pasti memiliki lebih dari satu media sosial. Manfaatkanlah media sosial tersebut sebagai media anda untuk berjualan berbagai produk.

Contohnya anda ingin berbisnis sepatu nike maka anda bisa memamerkan berbagai tampilan sepatu dengan mencantumkan harga di berbagai media sosial yang anda miliki dengan kualitas gambar yang bagus. Anda tak perlu mengeluarkan modal besar dengan membeli banyak sepatu. Anda bisa melipatgandakan harga sepatu nike yang anda beli. Setelah anda mendapatkan uang dari konsumen, barulah anda membeli sepatu pesanan para konsumen. Gampang bukan? Yang paling penting anda harus terus mempromosikan produk anda secara regular.

  • Menjadi Penerjemah Atau Penulis Lepas

Membangun sebuah bisnis tak hanya dengan menjual suatu produk. Menjual jasa pun bisa menjadi referensi bisnis yang menguntungkan. Memiliki modal yang minim maka bisnis ini sangat cocok bagi anda para mahasiswa. Anda bisa memilih menjadi penerjemah atau penulis lepas. Selain tak membutuhkan modal anda juga tak akan direpotkan. Hal itu karena anda tak perlu keluar rumah untuk membeli produk pesanan. Memulai bisnis ini anda bisa menjadi seorang blogger terlebih dahulu atau anda bisa ikut berbagai komunitas media agar anda mendapatkan pelanggan. Banyak perusahaan yang memasarkan produk mereka memalui tulisan.

Nah disitulah kesempatan anda untuk menjadi penulis dengan memasarkan produk mereka. Anda juga bisa membuat sebuah situs atau membeli situs yang bagus sebagai modal awal anda. Anda tak perlu khawatir karena modalnya tak begitu besar. Setelah anda memiliki sebuat situs maka anda bisa memulai menulis agar situs anda menarik dan membuat berbagai perusahaan tertarik untuk mengiklankan produknya di situs anda. Kemudian menjadi seorang penerjemah juga bisa menjadi pilihan. Misalnya anda menerjemahkan sebuah teks dari Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Jangan salah ya karena menjadi penerjemah juga sangat menguntungkan. (ads)

 

(Visited 80 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *