BI Luncurkan Buku Perjalanan Perbankan Syariah Indonesia

Syariahcenter.com, Jakarta – Bank Indonesia meluncurkan buku “Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia” yang membahas sejarah pengembangan industri perbankan syariah di Indonesia.

Darsono, Kepala Departemen Riset Kebanksentralan Bank Indonesia, mengatakan proses penulisan buku tersebut sempat tersendat-sendat, akibat sulitnya menemui para pelaku dan pendiri industri perbankan syariah.

“Buku ini disiapkan selama sekitar dua tahun. Kesulitan menyelesaikan penulisan karena banyaknya narasumber yang sulit ditemui,” ujarnya dalam peluncuran buku Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia, Selasa (27/10/2015).

Peluncuran buku yang disusun oleh tim penulis dari Departemen Riset Kebanksentralan BI tersebut merupakan bagian dari Indonesia Syaria’s Economic Forum (ISEP) 2015 yang diselenggarakan di Surabaya, 27-30 Oktober 2015.

Adapun, buku ini berisi mengenai sejarah perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang dimulai pada periode 1970-1980-an sebagai masa awal munculnya wacana mengenai sistem perbankan syariah. Buku ini juga membahas mengenai landasan hukum munculnya perbankan syariah berikut perkembangannya.

Darsono menambahkan penerbitan buku ini akan dilanjutkan dengan buku seri berikutnya, yang lebih fokus membahas mengenai dinamika produk dan kelembagaan perbankan syariah. (feb)

(Visited 397 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *