Bank Syariah Pertama Di Rusia Bakal Beroperasi

Syariahcenter.com – Kota Kazan, yang kadang dianggap sebagai pusat Muslim di Rusia, akan menjadi kota tempat beroperasinya bank syariah di Rusia. Bank bernama Partnership Banking Center tersebut akan mulai beroperasi pada Maret 2016.

Menurut representatif dari Tatfondbank, sebuah institusi asal Tatarstan yang menjadi salah satu lembaga pendiri proyek bank syariah tersebut, Partnership Banking Center dibangun menggunakan praktik perbankan yang lazim diterapkan di negara-negara Asia Tenggara dan juga Timur Tengah. Bank tersebut akan fokus bekerja dengan individual dan perusahaan, dan bertujuan menyalurkan investasi secara Islam ke Rusia. Partnership Banking Center juga akan menandatangani persetujuan dengan Bank Pembangunan Islam.

Dilansir dari Russia Beyond the Headlines, didirikannya bank berlandaskan hukum Islam pertama di Rusia yang identik dengan komunis tersebut menjadi mungkin untuk dilaksanakan karena undang-undang baru yang diajukan pada negara bagian Duma pada akhir Januari. Undang-undang tersebut memberikan kesempatan bagi bank-bank untuk membuat rekening pemilik dana yang hanya dapat diinvestasikan sejalan dengan deklarasi investasi, mengadopsi sistem perbankan Rusia sebagai syarat didirikannya institusi keuangan dengan landasan hukum keagamaan.

Bank syariah tersebut menjadi pintu bagi para investor negara-negara Timur Tengah terutama Arab untuk menanamkan modal mereka ke negara bekas Uni Sovyet tersebut. Sebelumnya para investor Arab telah memperlihatkan ketertarikan pada aset-aset milik Rusia karena harga minyak yang semakin jatuh. Para investor tertarik untuk berinvestasi pada proyek-proyek infrastruktur dan sektor-sektor yang berhubungan dengan proses produksi dan transportasi minyak.

(Visited 102 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *