Bank Korsel Mulai Manfaatkan Perbankan Islam

Syariahcenter.com, Seoul – Woori Bank jadi bank pertama asal Korea Selatan yang melakukan transaksi dengan sebuah bank Islam. Aksi ini diharapkan memicu bank-bank lokal untuk mengambil keuntungan kerja sama dengan bank-bank dari negara mayoritas Muslim.

”Karena ingin mendapat keuntungan lebih melalui kerja sama dengan bank-bank dari negara mayoritas Muslim, bank-bank di Korea Selatan punya alasan untuk melakukan transaksi dengan mitra seperti bank Islam sebagai strategi diversifikasi pendapatan,” papar Woori Bank seperti dikutip Korea Times baru-baru ini.

Awal pekan ini, Woori Bank menambahan pembiayaan 10 juta dolar AS ke Qatar Islamic Bank melalui kantor mereka di Bahrain. Ini juga menandai langkah perdana bank Pemerintah Korea menjajaki kerja sama semacam ini.

Kerja sama dengan Qatar Islamic Bank ditujukan untuk mengamankan sumber pendapatan luar negeri dan menekan dampak volatilitas pasar dari serangkaian seri kenaikan suku bunga The Federal Reserve terhadap pasar Korea Selatan tahun ini.

Woori Bank juga tengah memperluas kerja sama dengan bank-bank Islam lain di Bangladesh, Dubai, Malaysia dan Indonesia untuk bisnis jangka panjang.

Transaksi keuangan dengan bank-bank Islam sempat diabaikan bank-bank Korea karena sistem yang dinilai rumit dan isu pajak. Tapi kali ini, Qatar Islamic Bank bertindak sebagai agen lokan bagi Woori Bank.

Menghadapi pertumbuhan laba yang rendah, Woori Bank mulai mencari cara untuk masuk ke negara-negara Asia Tenggara untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka di tengah pasar yang belum jenuh.

CEO Woori Bank Lee Kwang-goo bulan lalu menyampaikan, Woori Bank juga berencana masuk ke sektor non perbankan di Asia Tenggara mengingat industri perbankan dinilai masih perlu pengembangan. Mereka kan memulainya dengan pembiayaan mikro, pembiayaan perdagangan, pembiayaan mikro.

Woori Bank sudah memiliki kantor perwakilan di Asia Tenggara seperti di Indonesia dan Filipina. Mereka juga mulai membari layanan pembiayaan mikro di Kamboja tahun lalu.

7,5 persen pendapatan Woori Bank diperole dari pasar luar negeri pada sembilan bulan pertama 2015, naik dari 6,5 persen untuk periode yang sama di tahun sebelumnya. Hingga September 2015, Woori Bank membukukan pendapatan sebesar 968,6 miliar won (850 juta dolar AS) naik tipis dari 966,3 miliar won (year on year).

(Visited 88 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *