Bank Jatim Akan Spin Off Unit Syariah Tahun Ini

Syariahcenter.com, Jakarta – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) merencanakan untuk melakukan pemisahan (spin off) unit usaha syariah (uus) pada tahun 2016 seiring dengan menggeliatnya industri keuangan syariah di dalam negeri.

“Rencana spin off unit usaha syariah menjadi Bank Jatim Syariah pada kuartal ketiga tahun 2016. Sudah ada konsultan mengenai rencana spin off,” ujar Direktur Bisnis Menengah dan Koperasi, Su’udi di Jakarta, Kamis (7/1).

Su’udi mengemukakan untuk melancarkan aksi korporasi itu, perseroan menyiapkan dana Rp 300 miliar dari nilai modal minimum yang ditetapkan sesuai Peraturan Bank Indonesia, yakni sebesar Rp 500 miliar. “Dalam peraturan Bank Indonesia, nilai modal minimum spin off sebesar Rp 500 miliar, sudah disiapkan Rp 300 miliar, sisanya mungkin dari pihak lain,” katanya.

Saat ini, ia menambahkan bahwa Bank Jatim sedang fokus mengajukan pendaftaran Bank Jatim Syariah ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diharapkan prosesnya berjalan lancar sehingga dapat segera beroperasi.

“Pasar syariah di Jawa Timur cukup prospektif mengingat keyakinan agamanya cukup kuat, itu yang akan membuat bisnis keuangan syariah bagus. Ini juga merupakan masukan dari ulama di Jatim,” katanya. (feb)

(Visited 192 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *