6 Tips Memilih Model Baju Muslim yang Baik untuk Dikenakan

Kewajiban kita sebagai seorang Muslimah adalah mengenakan pakaian yang sesuai dengan tuntunan syariat, tak hanya untuk acara atau kegiatan keagamaan saja melainkan juga untuk kegiatan sehari-hari mulai dari ke kampus, ke acara pesta hajatan, acara resmi, bekerja, travelling, hangout dengan keluarga atau teman dan sebagainya. Meski demikian, untuk acara-acara yang sifatnya formal dan semi-formal, mungkin kita akan mengkhususkan pemakaian busana tertentu. Sedangkan saat ini sudah banyak sekali model baju Muslim  yang ada di pasaran, baik untuk pria, wanita, remaja dan anak-anak, sehingga kita hanya tinggal mengikuti tips di bawah ini agar tidak salah pilih:

  • Haruslah menutup aurat dan sesuai syariat.

Meski model busana Muslim saat ini beragam namun akan percuma jika tidak sesuai dengan syariat. Kita sendiri tahu bahwa fungsi busana sendiri adalah menutup aurat serta melindungi kita dari sengatan sinar matahari dan hawa dingin. Meski demikian, untuk para Muslimah, kriteria busana yang harus dipilih tetaplah harus sesuai syariat seperti tidak transparan, tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan warnanya tidak serupa dengan kulit serta menggunakan motif atau warna yang tidak terlalu mencolok.

  • Pilihlah bahan yang nyaman.

Kita hidup di negara tropis yang rata-rata temperatur pada saat siang hari adalah sekitar 30-33 derajat celcius sehingga cukup membuat kita merasa gerah jika menggunakan pakaian yang bahannya kurang nyaman dan menyerap keringat. Selain itu kemungkinan terjadi masalah kulit seperti biang keringat, gatal dan ruam merah juga bisa saja terjadi. Keringat yang berlebih juga bisa menimbulkan bau badan. Katun dan polyester adalah jenis bahan kain yang terbaik.

  • Sesuai dengan bentuk tubuh.

Tidak semua warna, motif dan model baju muslim akan sesuai dengan bentuk tubuh kita. Sehingga kita harus menyesuaikannya sendiri. Ambil contoh untuk orang yang berperawakan gemuk, pemakaian gamis tumpuk justru akan membuat tubuh kita semakin terlihat berisi, begitu juga dengan warna pakaian yang cerah seperti putih atau warna pastel serta motif garis horisontal atau motif besar. Begitu juga sebaliknya untuk wanita yang berperawakan kurus.

  • Sesuai dengan ukuran tubuh.

Meski pada dasarnya kita memilih busana Muslim yang sesuai syariat, namun pemilihan ukuran baju yang sesuai dengan ukuran tubuh juga perlu. Ukuran tubuh yang dimaksud meliputi ukuran lingkar dada, lingkar pinggang, panjang lengan, panjang kaki dan ukuran tubuh lainnya. Busana yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar adalah yang terbaik. Pakaian yang ketat tentu akan terasa kurang nyaman atau pakaian yang terlalu longgar atau terlalu panjang akan membuat kita repot saat berjalan.

  • Sesuai dengan acara yang akan dihadiri.

Acara yang akan kita hadiri atau kegiatan yang akan kita lakukan juga sangat menentukan model busana Muslim yang akan kita pilih. Untuk kegiatan sehari-hari mungkin saja gamis katun akan lebih cocok dikenakan sedangkan kaftan atau abaya akan lebih cocok dipakai pada acara-acara formal dan semi formal.

  • Harga dan selera.

Sebagus apapun model baju Muslim jika tidak sesuai dengan anggaran atau budget kita karena terlalu mahal tentu akan percuma. Ada baiknya jika belanja baju lebih bijak dan cerdas, sebab dalam agama Islam, salah satu sifat yang dibenci Allah adalah pemborosan. Selain itu sesuaikan juga model baju yang ingin Anda beli sesuai dengan selera Anda, sehingga selain bisa menambah kepercayaan diri juga bisa sebagai kendali agar kita tidak boros dalam berbelanja.

Yah, itu hal yang perlu Anda lakukan untuk memilih baju / busana muslim yang tepat.

One comment

  1. Yang jelas baju muslim syar’i min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *