6 Tips Memilih Jaket yang Tepat untuk Traveling

Bagi beberapa orang membawa jaket saat traveling itu wajib hukumnya. Mau tak mau, meski terkadang berat dan memakan ruang, jaket tak boleh lupa dimasukkan dalam tas saat traveling. Memilih jaket untuk dibawa saat traveling memang terkadang tak mudah, karena kita harus menyesuaikan dengan tujuan wisata kita dan kondisi cuaca yang ada di destinasi traveling.

Memang memilih jaket adalah soal selera,  namun karena jaket penting, alangkah baiknya tak setengah-setengah saat memilih jaket traveling. Karena pasti semua orang ingin jaket yang mereka gunakan adalah jaket yang fungsional, bekerja sesuai fungsinya namun juga tetap bisa untuk bergaya.

Masalahnya masih banyak loh, orang yang membeli jaket, asal beli dan tidak sesuai fungsinya. Misalkan membeli jaket kulit, padahal ingin dibawa ke pantai atau membeli jaket motor dibawa ke gunung. Nah, supaya kamu tidak salah. Berikut tips agar kamu bisa mendapatkan jaket traveling yang sesuai.

  • Beli Jaket yang Anti Air

Saat traveling pastinya kamu lebih banyak aktivitas di luar ruangan. Nah, saat berkegiatan di luar ruangan, pastinya akan berhadapan dengan cuaca yang tak menentu. Terkadang hujan dan ada kalanya panas terik. Jadi, kamu harus pertimbangkan untuk memilih jaket yang waterproof sebagai kualifikasi pertama.

Jaket waterproof pastinya akan dilengkapi dengan inner yang berbahan polar. Sehingga jaket tersebut sangat ampuh untuk menahan tubuh traveler dari embun hingga hujan ringan. Saat memilih jaket waterproof, pastikan kamu memperhatikan jahitannya benar-benar rapat.Karena percuma jika waterproof tapi jahitannya renggang, maka air bisa merembes masuk.

  • Cari Tahu Bahan Jaket

Jangan asal pilih jaket ya, perhatikan juga bahan jaket. Pasalnya banyak loh bahan jaket itu, mulai dari yang konservatif seperti wol, denim, kulit, drill, katun sampai bahan mutakhir seperti taslan atau gore tex.

Dengan banyak pilihan tersebut sebenarnya seorang harus memilih bahan jaket sesuai kebutuhannya. Contohnya, banyak orang yang suka dengan bahan gore tex karena menyesuaikan kebutuhan saya akan jaket yang ringan namun mampu menahan dingin dan kedap air. Kebutuhan untuk light traveling terpenuhi dengan jaket bahan gore tex ini.

Namun tidak selalu bahan jaket menyesuaikan kebutuhan. Misalnya jika kamu sudah mencari tiket promo dan ingin ke negara dengan suhu minus maka lebih baik membawa coat wol, bulu angsa dengan tambahan jaket inner polar. Atau misalnya kamu sudah reservasi tiket Wings Air dan ingin melalukan perjalanan singkat, hoodie berbahan katun pun cukup melindungi.

Intinya adalah pilihlah bahan dengan destinasi traveling. Jangan sampai kamu sudah mencari tiket promo dan reservasi tiket Wings Air dan ingin pergi ke gunung, tapi kamu malah membawa jaket jeans atau ke ingin ke pantai namun membawa jaket bulu angsa.

Bahan juga akan mempengaruhi load barang bawaan, jika membawa jaket bahan jeans atau wol tentunya selain berat juga akan menyusahkan, cocok jika perjalanan dengan koper bukan ransel.

  • Pilih Jaket dengan Fitur Terbaik Bukan Fitur Terbanyak

Detail jaket traveling yang dipilih mempengaruhi fungsinya, lebih baik pilihlah jaket yang memiliki fitur terbaik bukan fitur terbanyak. Semisal kantung, jaket yang baik bukan yang memiliki banyak kantung namun justru kantung yang fungsional. Kamu bisa memilih jaket yang memiliki kantung di bagian dalam untuk menyimpan gadget atau kantung di lengan untuk menempatkan alat tulis.

Kemudian cek juga inner atau bagian dalam jaket, ada berapa lapisan dalam jaket tersebut. Semakin banyak lapisan tentu makin hangat. Jika jaket tersebut ingin di bawa ke daerah yang dingin, cek juga di inner jaket tersebut apakah ada seal atau tidak, seal tersebut berfungsi untuk menahan udara masuk sehingga tidak menerobos sela-sela jaket.

Kamu juga sebaiknya pilih jaket yang memiliki tudung kepala. Selain fungsional, nantinya tidak perlu repot membawa penutup kepala. Lalu perhatikan dahulu, jenis tudung kepala di jaket, apakah dia menyatu, terlepas atau yang bisa dilipat di kerah.

  • Warna Jaket

Pemilihan warna jaket memang , pada dasarnya tergantung  kamu sebagai pengguna, mau memilih warna seperti apa. Namun, jika kamu seorang yang mengemari naik gunung, sebaiknya pilih warna jaket yang mencolok. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan apapun yang akan terjadi saat pendakian. Selain itu warna mencolok juga membantumu untuk narsis ketika selfie, karena akan terlihat terang.

  • Pilih Model Jaket yang Tepat

Ada banyak sekali model jaket, namun akhir-akhir ini model parka sedang jadi idola. Alasannya karena jaket model Parka itu sangat multifungsi. Desainnya panjang, memungkinkan digunakan untuk naik motor ataupun di perjalanan. Sekarang jaket banyak jenisnya, dari bahan wol, drill, katun bahkan gore tex pun ada.

Keunggulan dari parka adalah desain jenis ini biasanya bisa untuk menahan hawa dingin sekaligus tahan air, namun perlu diingat jika memilih Parka maka sediakan ruang yang lebih banyak di ransel karena Parka biasanya ukurannya besar dan butuh banyak ruang.

  • Kenyamanan

Dari semua tips dalam memilih jaket, poin pentingnya adalah kenyamanan. Kenyamanan merupakan hal utama yang harus kamu pertimbangkan. Pilihlah jaket dengan ukuran yang sesuai dengan tubuhmu. Jangan memilih jaket yang terlalu ketat ataupun terlalu besar. Sebelum membeli, pastikan kamu mencobanya. Jaket yang nyaman adalah jaket yang dapat memberikan kenyamanan dan ruang saat kamu bergerak.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *