4 Penyebab Alergi Kulit Yang Harus Diwaspadai

Syariahcenter.com – Bagi anda yang dewasa tentunya sudah mengenal tentang penyebab alergi kulit, yang dapat timbul dengan berupa adanya bintik-bintik merah pada bagian-bagian kulit tertentu seperti tangan, kaki, atau juga bisa pada kulit wajah. Tanda lainnya dapat berupa adanya bentol yang berisi cairan nanah, ini terjadi jika alergi kulit yang terjadi sudah semakin parah. Sehingga untuk mengantisipasinya diperlukan pengetahuan mengenai apa saja yang menjadi penyebab alergi kulit.

penyebab alergi kulit sendiri merupakan salah satu bentuk reaksi tubuh akan adanya zatyang menurutnya tidak cocok dan mengganggu kondisi tubuh. Dengan adanya alergi kulit pada tubuh menandakan bahwa kulit anda mengalami yang namanya iritasi. Yang jika dibiarkan tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan pada anda dan juga dapat beresiko kepada penyakit yang lainnya. Oleh sebab itu berikut ini kami tuliskan 4 penyebab alergi kulit yang harus diwaspadai, yaitu:

  1. Makanan Seafood. Bagi anda mungkin sering mendengar seseorang yang sangat alergi akan makanan dari seafood. Untuk hal ini dapat dibedakan menjadi dua hal, pertama orang tersebut memang benar-benar alergi terhadap makanan seafood, seperti ketidaktahanan pada kondisi asin atau amis dari jenis udang dan yang lainnya. Kedua, adanya senyawa dalam seafood yang membuatnya menjadi beresiko dalam terkena alergi.
  2. Faktor keturunan. Jika anda mudah sekali terkena penyakit alergi, maka anda dapat menanyakannya pada kedua orang tua anda. Apakah dalam keluarga anda ada yang mempunyai alergi kulit? Ini karena alergi kulit juga dapat bersumber dari faktor keturunan orang tuanya. Namun dalam kasus ini bukan berarti anak memiliki gangguan alergi sejak kecil, tetapi ia akan lebih beresiko atau sangat rentan terhadap alergi kulit.
  3. Penggunaan parfum. Membuat diri tampil wangi dengan menggunakan parfum mungkin suatu hal yang banyak dilakukan oleh orang-orang pada jaman sekarang ini. Namun perlu diperhatikan pula karena pada parfum-parfum tertentu ada juga yang dapat menyebabkan terjadinya alergi. Ini karena adanya kandungan zat balsam peru (Myroxylon pereirae), bahan ini sendiri biasanya terdapat pada getah pohon. Sebagai indikasi bahwa kulit anda terkena alergi dari parfum, anda dapat melihatnya jika terjadi ruam yang memerah . pada kulit anda. Dan jika hal ini terjadi maka penggunaan parfum tersebut sebaiknya dihentikan sebelum gejala yang semakin parah dapat terjadi.
  4. Zat metal pada perhiasan. Disadari atau tidak ternyata adanya tamban zat pada perhiasan anda ternyata dapat juga menyebabkan terjadinya alergi pada kulit anda. Hal ini dapat anda kenali sendiri jika pada kulit anda yang tertutupi dengan perhiasan terjadi ruam atau bintik-bintik merah. Ini karena campuran zat dalam perhiasan seperti nikel yang dapat menyebabkan terjadinya alergi. Selain itu zat nikel ini juga sering dicampurkan pada gasper atau juga kancing pakaian anda. (ads)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *