4 Penyebab AC Tidak Dingin

Jika anda tinggal di kota besar seperti Bandung, memiliki AC di rumah merupakan hal yang sangat wajar. Namun, tidak semua orang yang memiliki AC memahami bagaimana merawatnya, sehingga seringkali AC menjadi tidak dingin lagi.

Berikut ini merupakan beberapa sebab AC yang anda miliki tidak terasa dingin lagi meskipun sudah disetel dalam suhu paling rendah.

Salah Memilih AC

Ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan saat memutuskan membeli sebuah AC. Pertama, menyesuaikan ukuran ruangan dengan besar PK AC yang anda butuhkan. Kedua, jumlah penghuni ruangan. Semakin banyak penghuni ruangan, semakin besar PK yang anda butuhkan. Ketiga, kondisi ruangan. Apakah ruangan tersebut memiliki barang elektronik yang dapat menambah panas dalam ruangan, atau apakah ruangan tersebut memiliki jendela yang menghadap langsung ke arah matahari.

Salah Instalasi

Saat anda membeli AC, anda akan mendapatkan sepasang AC Indoor yang anda pasang di dalam ruangan dan AC Outdoor yang berada di luar ruangan. Memasang AC Outdoor juga tidak bisa sembarangan. Setidaknya AC Outdoor dipasang dengan jarak minimal 60 cm dari tembok di depan, kiri, kanan, serta atasnya agar AC dapat memiliki sirkulasi yang baik. Memasang AC Outdoor di tempat yang sempit akan mengganggu kinerja AC dan menyebabkan kompressor AC cepat panas dan rusak. Jika hal tersebut terjadi, anda dapat memanggil jasa service AC Bandung terdekat dengan lokasi anda untuk memperbaiki AC anda.

Tidak Pernah Diservis

Sebuah AC perlu diservis dan dibersihkan secara berkala, setidaknya dalam kurun waktu 3 bulan sekali. Anda dapat meminta jasa service AC Bandung untuk melakukan hal tersebut. Karena seringkali, AC yang tidak dingin bukan disebabkan oleh freon yang habis, namun karena AC tersebut sudah waktunya untuk dibersihkan.

Freon Bocor

Freon yang bagus dapat bertahan hingga 3 atau 4 tahun. Namun, jika AC anda sudah tidak dingin dalam waktu dua hingga tiga bulan, maka sebaiknya anda menghubungi service AC Bandung langganan anda. Karena bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh kebocoran freon, kebocoran evaporator, kompressor yang rusak, atau MCB yang bermasalah.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan AC anda tidak dingin. Jika anda tidak yakin, sebaiknya anda menghubungi service AC Bandung terpercaya agar AC anda dapat segera diperbaiki.

(Visited 38 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *