Hijrah Spiritual Inneke Koesherawati

Syariahcenter.com – Usianya tak lagi muda. Sudah menginjak 40 tahun. Tapi garis keriput seolah bersembunyi. Mungkin ada satu atau dua yang terlihat. Itupun harus jeli menatapnya. Tetap saja parasnya cantik. Dibalik hijab 15 tahun itu, wajah seolah tetap sama.

Inneke Koesherawati, nama wanita itu. Posturnya tetap tinggi semampai. Siapa yang tak ingat dengan rupa Inneke.

Wajahnya terpampang jelas di billboard bioskop. Gambar-gambar celana pendek dan atasan tanpa lengan jadi pemikat. Membetot mata pria yang melintas.

Ratusan judul film memampang namanya. Namun membacanya akan terdengar aneh di telinga. Semua tak lepas dari urusan ranjang. Inneke memang buan artis sembarangan. Filnya masuk kategori usia dewasa. Tak heran julukan `artis panas` melekat di namanya.

Bayangan itu kini sudah buyar. Jangan harap penampilan seksinya bisa terlihat. Gaya pakaian itu sudah lama ditanggalkan. Tak ada sedikitpun bagian aurat terlihat. Kemanapun pergi, balutan hijab tidak pernah tidak pernah absen menutupi tubuh Inneke.

Layar kaca pun tak lagi memampang paras cantiknya. Tahun 2013 jadi perpisahan terakhirnya. Film dan sinetron ditinggalkan. Seluruh tawaran kontrak bermain film dan sinetron dia tolak.

Memang Tak semua dunia hiburan ditinggalkan. Inneke masih memberi toleransi. Dia masih mau tampil sebagai bintang tamu talk show dan bintang iklan. Selebihnya, Inneke cuma mau menghabiskan waktu mendidik anak dan mengurusi suami.

Berbekal Ikhlas, Peroleh Rezeki Berlimpah

Keputusan Inneke berhijab masih menyisakan kekhawatiran. Siapa yang mau memberi order jika dia berhijab. Bayang-bayang kehilangan uang ada dibenaknya. Tapi semua keraguan ditampik. Dia yakin jalan rezekinya sudah ditentukan oleh Allah SWT.

“Jadi, ya udah lah bismillah. Apapun yang kita nggak bayangin sesuatu terjadi sama kita, kalau Allah bilang ‘kun fayakun’ pasti nggak akan mungkin bisa terelakkan,” tutur dia.

Nyatanya, Inneke ketiban rezeki berlimpah. Meninggalkan masa kelam membukakan pintu baru buat Inneke. Tawaran bintang iklan hilir mudik berdatangan. Saking banyaknya, Inneke sempat tidak percaya.

“Dulu sebelum berhijab, kerjaanku cuma casting, casting, dan casting, nggak pernah dipanggil. Begitu menutup aurat, itu iklan-iklan yang datang. Aku sampai gini, ‘Hah, beneran ini?” kata Inneke.

Sejak saat itu, Inneke teguh berhijab. Dia tidak pernah sekalipun melepas hijabnya di muka umum. “Percaya deh sama Allah. Misalkan kita mau mengikuti apa yang Allah perintahkan, Allah nggak pernah kejadian,” ujar Inneke.

Berhijab tak lantas membuat Inneke lupa dengan masa lalunya. Julukan ‘artis panas’ sesekali membayangi pikirannya. Namun dia tidak mau kalah. Bertekad tetap istiqomah dengan pilihannya berhijab.

Yang tersisa kini hanya kesedihan. Mengenang masa lalu yang tak sepatutnya dijalani. Dia pun tidak mau mengingat lagi pengalaman dia di masa lalu.

Film-film yang dibintangi tak mau lagi ditonton. Copy video dan film lamanya pun disingkirkan.

“Saya merasa sedih sekali mengingat diri saya yang begitu jahiliyah seperti dulu,” kata Inneke. (dream)

(Visited 391 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *