Atasi Krisis, Dunia Pun Minta Bantuan Orang Kaya Muslim

Syariahcenter.com – Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) menggantungkan harapannya pada negara muslim kaya dalam menyelesaikan krisis dana kemanusiaan dunia. Dilaporkan dunia kekurangan dana US$ 15 miliar untuk menangani masalah kemanusian di seluruh negara.

Para ahli dari PBB menganggap, donatur kaya muslim, industri sepakbola, dan aplikasi smartphone merupakan inovasi sumber dana baru yang tengah digagas PBB.

Meski kekayaan global meningkat, sistem bantuan yang ketinggalan zaman diakui gagal memenuhi kebutuhan dana kemanusia dunia.

Melihat kondisi itu, European Commision vice president, Kristalina Georgieva mengatakan salah satu ide yang muncul adalah mengoptimalkan pola pembiayaan mikro dengan volume transaksi masal. Salah satunya adalah tiket pesawat.

PBB juga mengimbau badan sepabola dunia, FIFA, dan perusahaan perangat aplikasi masal seperti Uber untuk menyisihkan 5 persen untuk dana kemanusiaan.

Khusus negara muslim, PBB berharap ada kerjasama dengan beberapa negara kaya dari Timur Tengah. Khususnya mereka yang terpengaruh oleh konflik Dunia Arab.

“Kami tengah bekerja keras membuat produk konkrit yang bisa menangkap peluang dari model keuangan Islami,” kata Georgieva.

Salah satu usulan yang muncul adalah peluang memanfaatkan dana zakat yang menurut perkiraan Bank Pembangunan Islam (IDB) mencapai US$ 232 miliar dan US$ 560 juta per tahun.

Georgieva mengatakan kontribusi US$ 3 miliar-5 miliar dari kekurangan dana US$ 15 miliar bisa diperoleh dari keuangan syariah. (feb)

(Visited 84 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *